Tips Hadapi Masalah Kepercayaan pada Pasangan agar Tidak Semakin Merusak
Ilustrasi (Shvets Production/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Kepercayaan adalah salah satu modal utama atau fondasi dari hubungan yang sehat. Hubungan bisa terancam jika di dalamnya terdapat masalah kepercayaan pada pasangan (trust issue).

Masalah kepercayaan berarti melibatkan lebih dari satu orang (Anda dan pasangan). Oleh sebab itu, masalah ini perlu diselesaikan berdua. Menyelesaikan masalah kepercayaan bukan hal mudah, tetapi ada cara yang bisa diupayakan, terutama jika Anda masih cinta kepada pasangan Anda. Dikutip VOI dari Very Well Mind, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan.

BACA JUGA:


Tips Mengatasi Masalah Kepercayaan pada Pasangan Tercinta

Akui Masalah

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengakui masalah tersebut. Anda tak perlu takut atau khawatir terhadap reaksi pasangan. Anda hanya perlu bicara jujur tentang masalah yang Anda rasakan. Dengan demikian, Anda dan pasangan bisa menyadari perlunya melakukan sesuatu untuk memperbaiki masalah dalam hubungan dan mencari jalan terbaik bersama-sama.

Bangun kepercayaan meski perlahan

Memang tidak mudah mengembalikan kepercayaan yang sudah hancur. Namun, jika Anda masih cinta kepada pasangan Anda, ada baiknya untuk perlahan mempercayainya kembali. Tak perlu tergesa-gesa. Ambil waktu terbaik menurut Anda untuk bisa menumbuhkan lagi rasa percaya.

Bedakan kepercayaan dan kontrol

Orang dengan masalah trust issue sering merasa perlu untuk mengontrol hal di sekitarnya. Anda mungkin merasa dikhianati atau dimanfaatkan jika tidak memiliki kendali penuh atas setiap situasi. Namun, ini hanya akan merusak hubungan Anda dalam jangka panjang. Mempelajari seberapa banyak kendali yang harus Anda lakukan dalam situasi tertentu adalah kunci untuk membangun kepercayaan dengan orang lain.

Jadikan kepercayaan sebagai prioritas

Mempercayai orang lain bisa jadi sulit. Tapi membangun kepercayaan adalah bagian penting dalam setiap hubungan. Jadikan kepercayaan sebagai prioritas dalam hidup Anda, sekalipun ini adalah hal yang menantang.

Bisa dipercaya

Jika Anda mencoba membangun kepercayaan kepada pasangan, maka Anda harus membuat pasangan Anda mempercayai Anda. Artinya, Anda perlu bersikap terbuka tentang perasaan, pendapat, pemikiran, dan batasan Anda. 

Selain itu, Anda juga perlu tahu kalau semua orang bisa berbuat kesalahan. Mempelajari bagaimana menyeimbangkan kedua gagasan ini akan membantu membangun hubungan interpersonal sehat yang didasarkan pada kepercayaan.

Terkait