5 Pola Pikir untuk Mengatasi Stres yang Jarang Diketahui
Ilustrasi perempuan cantik berpola pikir positif (Unsplash/Rana Sawalha)

Bagikan:

ACEH - Para psikolog dan ahli terapi wellnes menyarankan banyak aktivitas agar seseorang mendapatkan ketenangan dan tidak tertekan oleh stres dan depresi. Pola pikir untuk mengatasi stres perlu dimiliki agar gangguan kesehatan mental ini tidak mengganggu kualitas hidup seseorang.

Stres bisa membuat seseorang kehilangan nafsu makan, mengalami peningkatan denyut jantung, dan mengalami pernapasan yang lebih cepat. Apa yang bisa dilakukan agar stres tidak berkepanjangan dan membuat Anda semakin lelah? Berikut ini adalah saran cara mengubah pola pikir dari Carolyn Rubenstein, psikolog klinis di Florida Selatan, dikutip VOI dari Psychology Today.

Cara Mengatasi Stres agar Tidak Berkepanjangan

1. Afirmasi

Perasaan perlu diakui, setidaknya oleh diri sendiri. Misalnya, saat Anda merasa lelah, maka akui ‘Oke, saya lelah, istirahat sebentar bisa ya’ atau ketika Anda marah, katakan hal serupa supaya energi menghalau stres terkumpul.

Menurut Brene Brown dalam Atlas of the Heart, ketika kita menyebutkan sebuah emosi atau pengalaman, maka kita bisa memiliki lebih banyak kekuatan.

2. Tetap membumi

Hal yang sering menjadi pemicu dan memperburuk kesehatan mental Anda adalah memperbandingkan apa yang dialami dengan kesulitan atau pengalaman masa lalu. Seringnya dialami karena otak kerap menyetir untuk mencari kesamaan, tetapi ini patut diubah. Bahwa untuk tetap membumi, be present, dan mindfull bisa cukup membantu.

3. Fokus pada hal prioritas

Terkadang banyak hal penting dalam hidup yang ingin dilakukan, tetapi waktu dan energi perlu dikelola karena terbatas. Artinya, perlu membuat daftar prioritas dan berfokus pada hal-hal yang paling penting bagi Anda. Ini membantu Anda untuk maju terutama ketika merasa tidak ada energi yang tersisa.

4. Kenali yang bisa dan tidak bisa dikendalikan

Fokus tanpa kontrol diri seperti dinding tanpa pondasi. Fokus pada hal-hal yang tidak diketahui bisa karena kurang kontrol. Jadi, cobalah berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan prioritas Anda saja dan kurangi ketegangan pada hal yang tak bisa dikontrol.

5. Jangan enggan minta bantuan

Pada titik terlelah, ada orang-orang tercinta yang menemani maka tak ada salahnya meminta bantuan mereka. Katakan dengan jujur ‘Ini sulit, dan saya butuh bantuan’, ini merupakan alat paling penting. Tetap pula terhubung dengan diri sendiri dan kebutuhan Anda, artinya tetap dengarkan emosi Anda sendiri. Temuka aktivitas yang membuat Anda terhibur, rileks, dan merasa lebih tenang.

Artikel ini telah tayang dengan judul Penting Dipraktikkan, 5 Pola Pikir yang Positif Biar Enggak Stres Berkepanjangan.

Terkait