Cara Mengatasi Stress Eating untuk Menjaga Kesehatan
Ilustrasi Stress Eating (istockphoto-1157383523/Istock)

Bagikan:

ACEH - Stress eating bukan persoalan sederhana yang bisa disepelekan. Kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan, salah satunya adalah obesitas. Jika stress eating sering dibiarkan , tubuh bisa terlalu banyak menyimpan kalori sehingga berat badan sulit terkontrol. Cara mengatasi stress eating perlu diketahui untuk menghindari risiko kesehatan yang lain. 

Pola makan yang tidak sehat juga berpotensi menyebabkan penyakit lain, seperti diabetes dan hipertensi. Dikutip VOI dari Psycom, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Inilah Cara Mengatasi Stress Eating untuk Hindari Risiko Kesehatan

Mengenali pemicu stres

Identifikasi penyebab yang membuat Anda stress eating. Jika sudah tahu, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya atau setidaknya mencari keluar akan masalah yang sedang terjadi.

Berolahraga untuk kurangi stres

Jika Anda sehat secara fisik, Anda lebih tahan terhadap efek stres. Olahraga menyebabkan perubahan kimiawi di otak yang mengurangi stres, tetapi sayangnya, stres sendiri dapat membuat sebagian orang merasa malas berolahraga.

Jika kesibukan membuat Anda sulit untuk pergi ke gym atau bahkan melakukan olahraga kecil di rumah, coba tingkatkan jumlah jalan kaki, lakukan aktivitas berkebun, bersih-bersih rumah, atau gerakan olahraga ringan yang bisa Anda lakukan. Intinya, tetap bergerak.

Makanan bergizi

Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan rendah kalori saat stress eating melanda. Jika Anda memilih makanan yang sehat dengan tinggi serat, protein dan lemak sehat, akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Meningkatkan mindfulness

Meditasi, yoga, tai chi, dan latihan yang berfokus pada pemusatan pikiran dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Ketika dalam keadaan mindfull, tenang, dan fokus, Anda lebih mampu membuat pilihan gaya hidup yang lebih cerdas dan lebih sehat. 

Jadwal Makan

Perlu diingat “Makan itu Kebutuhan bukan Keinginan”, jika Anda selalu ingat kalimat ini, lama-kelamaan akan terbiasa dan terkontrol. Usahakan makan rutin tiga kali sehari, termasuk ketika sedang stres.

 

Selain cara mengatasi stress eating, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.