Beberapa Cara mengatasi Migrain yang Jarang Diketahui
Ilustrasi (Liza Summer/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Apakah Anda termasuk orang yang kerap mengalami sakit kepala sebelah atau migrain? Salah satu hal yang paling mudah dilakukan adalah mengonsumsi obat meski kadang tanpa resep dari dokter. Sayangnya, kadang migrain bisa sering muncul lagi. Cara mengatasi migrain perlu Anda coba agar gangguan kesehatan ini tidak sering mengganggu aktivitas Anda lagi. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi cahaya hijau memiliki kemungkinan untuk bisa mengurangi intensitas dan tingkat keparahan migrain. Cahaya hijau mampu membantu menenangkan rasa sakit akibat migrain pada beberapa orang.

Bisa dibilang bahwa hal ini tidak selalu berhasil terhadap semua kasus, tetapi Anda bisa mencobanya. Sebelum melakukannya, konsultasikan dengan dokter mata atau ahli saraf untuk menentukan apakah terapi cahaya hijau adalah pengobatan migrain yang tepat bagi Anda.

Bagaimana cara kerja terapi lampu hijau mengatasi serangan migrain? Sementara, cahaya kerap menjadi penyebab penderita migrain semakin pusing.

Sebuah penelitian menemukan bahwa cahaya berwarna hijau memicu lebih sedikit sinyal pemicu sakit kepala dibandingkan cahaya berwarna lainnya, seperti cahaya berwarna merah, biru, putih, dan kuning. Terapi cahaya hijau ini bertujuan mengurangi rasa sakit dan frekuensi serangan migrain. Meski demikian, terapi ini tidak sesederhana mengganti bola lampu baca atau lampu di samping tempat tidur Anda dengan bohlam berwarna hijau.

Terapi ini membutuhkan lampu strip khusus yang memancarkan cahaya hijau yang sangat spesifik yang diatur ke intensitas dan frekuensi yang tepat. Anda juga harus menghabiskan banyak waktu untuk duduk di dekat lampu, sambil menghindarkan mata Anda dari sinar cahaya biru (dari layar gadget atau laptop) yang lebih agresif. Jika terapi ini tidak disarankan bagi Anda atau tidak berdampak positif, cobalah beberapa tips yang telah dikumpulkan tim VOI berikut ini.

Beberapa Cara Mengatasi Migrain 

Tidur cukup

Kebiasaan tidur yang buruk merupakan penyebab utama stres dan kelelahan yang memicu sakit kepala. Sebisa mungkin, cobalah untuk tetap pada jadwal tidur yang teratur. Lakukan semuanya dengan rutinitas sebelum tidur, seperti mendengarkan musik yang menenangkan, mandi air hangat, atau membaca buku yang menenangkan Anda. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Gerakkan tubuh

Coba gerakkan tubuh dengan lembut. Sebuah studi kecil menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengatasi migrain. Anda juga bisa mencoba olah tubuh yang mengalir lambat lainnya, seperti qigong dan tai chi.

Konsumsi magnesium

Kadar magnesium yang rendah dapat memicu serangan migrain. Konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau yang kaya magnesium untuk menjaga kadar magnesium dalam tubuh Anda tetap terkendali.

Ciptakan lingkungan yang nyaman

Lingkungan di sekeliling Anda juga berperan besar dalam tingkat keparahan serangan migrain. Jika serangan migrain Anda terus kambuh, coba ciptakan suasana nyaman dengan cara berikut ini.

  • Redupkan lampu.
  • Hindari suara keras.
  • Bernapaslah dalam-dalam melalui rasa sakit.
  • Gerakkan tubuh Anda dengan berjalan-jalan atau melakukan gerakan-gerakan yoga yang lembut (jika memungkinkan).

Artikel ini telah tayang dengan judul Sering Migrain Tiba-tiba? Coba Atasi dengan Teknik Ini.

Selain cara mengatasi migrain, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.