5 Manfaat Membuat Kue Bersama Anak yang Jarang Diketahui
Ilustrasi (Gustavo Fring/Pexels)

Bagikan:

ACEH – Kegiatan membuat kue merupakan hal yang menyenangkan, terutama untuk anak-anak. Banyak unsur membuat anak gembira saat membuat kue, seperti tepung yang terburai, adonan kenyal, bahan kue warna-warni, margarin harum, dll. Lalu, apakah hanya menyenangkan, atau ada manfaat membuat kue bersama anak?

Berikut ini VOI telah merangkum beberapa manfaat mengajak si buah hati ke dapur untuk membuat kue. Jangan takut berantakan sebab kegiatan ini akan berdampak baik bagi anak Anda.

Beberapa Manfaat Membuat Kue Bersama Anak

  1. Stimulasi Motorik Halus

Kemampuan motorik halus anak bisa terlatih dengan kegiatan membuat kue. Mereka bisa berlatih pincer grasp dengan menjumput bahan-bahan yang kecil seperti choco chips. Selain itu, anak bisa berlatih tripod grip saat menggunakan penjepit kue. 

  1. Latihan Koordinasi Mata dan Tangan

Anak-anak dapat berlatih mengoordinasikan mata dan tangannya dengan kegiatan memasak. Anda bisa meminta mereka menyendokkan tepung atau gula ke dalam mangkuk. Atau, Anda bisa meminta mereka mencetak kue.

  1. Konsep Matematika

Memasak kue adalah salah satu sarana belajar matematika yang mudah. Anda bisa mengajaknya menghitung jumlah telur atau susu kotak yang dibutuhkan. Di samping itu, orang tua bisa juga mengajarkan anaknya perbandingan jumlah, misalnya lebih banyak mana bahan yang tercakup di sendok makan dan sendok teh, atau lebih banyak air atau santan yang dibutuhkan untuk membuat satu resep.

  1. Mengikuti Arahan

Anak-anak akan belajar mengikuti arahan resep. Dengan begini, kedisiplinan dan ketelitian akan terlatih pada diri mereka.

  1. Belajar Bentuk dan Kosakata

Anak-anak akan belajar bentuk dari proses memasak. Misal, saja kue kastengel bentuknya persegi panjang, kue nastar bentuknya bulat, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan berbagai cetakan lucu berbentuk benda langit seperti bulan dan bintang. Hal tersebut juga akan menjadi sarana memperkaya kosakata mereka.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Manfaat Mengajak Anak Membuat Kue Natal, Salah Satunya Menstimulasi Motorik Halus.

Selain manfaat membuat kue bersama anak, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.

Terkait