Diet DASH, Menurunkan Darah Tinggi dengan Pola Makan dan Hidup Sehat
Ilustrasi (Pexels)

Bagikan:

ACEH - Dietary Approaches to Stop Hypertension atau diet DASH merupakan program yang mengatur pola makan untuk membantu mencapai dan mempertahankan berat badan sehat.

Selain mempertahankan berat badan, manfaat utama dari diet ini adalah untuk mengendalikan tingginya tekanan darah dan menurunkan kolesterol.

Diet untuk Menurunkan Darah Tinggi

Diet ini berfokus mengurangi kandungan asupan makanan yang dapat memicu hipertensi dan kolesterol, seperti natrium, lemak, dan kolesterol dengan cara meningkatkan asupan protein, serat, serta memastikan kecukupan mineral dan vitamin.

Pengaturan pola makan serta serangkaian aktivitas akan Anda jalani untuk membantu mengendalikan tekanan serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

National Institutes of Health (NIH) membuktikan dalam sebuah penelitian bahwa diet DASH terbukti ampuh menurunkan tekanan darah, sama ampuhnya dengan meminum obat dokter.

Selain itu, pediet juga dapat merasakan hasilnya dalam waktu cepat. Rata-rata orang yang menjalani diet DASH bisa menurunkan tekanan darah dalam kurun empat belas hari.

Memang, angka penurunannya tidak terlalu fantastis. Tapi, jika diet ini rutin dilakukan bisa menurunkan tekanan dalam jumlah besar. Selain menurunkan tekanan darah, Anda juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Dalam menjalani diet DASH, Anda hanya diperbolehkan menyantap beberapa porsi makanan. Jumlah porsi yang dibutuhkan pun bervariasi, tergantung dari berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh per hari.

Selain itu, Anda juga diwajibkan membatasi konsumsi garam tidak lebih dari 1 sendok teh per hari. Setelah tubuh mulai terbiasa dengan program diet ini, Anda bisa mengurangi lagi asupan garam menjadi 2/3 sendok teh per hari.

Jumlah ini mencakup semua asupan garam yang dikonsumsi sehari-hari, baik itu yang berasal dari makanan kemasan, camilan, dan masakan yang dibuat sendiri.

Sebelum membeli makanan kemasan, jangan lupa membaca label makanannya terlebih dahulu. Perhatikan jumlah garam yang terkandung dalam makanan.

Perbanyak makan buah, sayuran, serta makanan sehat lainnya. Jangan lupa juga rutin berolahraga. Ini bukan diet tradisional yang bertujuan menghindari makanan yang tidak sehat.

Diet ini lebih berfokus pada menambahkan makanan sehat yang bagus untuk mengontrol tekanan darah dan juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Diet DASH: Diet Khusus Menurunkan Darah Tinggi. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!