Info Kesehatan: Tak Hanya Mengenyangkan, Inilah Berbagai Manfaat Pisang untuk Wanita
Ilustrasi pisang (Unsplash)

Bagikan:

ACEH -Pisang merupakan salah satu buah yang bisa ditemukan di berbagai belahan dunia. Dengan banyaknya nutrisi penting, pisang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Pisang kerap dijadikan buah pendamping dalam menu sarapan karena bisa memberi energi instan. Kira-kira, apa saja manfaat pisang untuk wanita?

Berbagai Manfaat Pisang untuk Wanita

1.    Mencegah anemia

Berdasarkan penelitian, anemia pada wanita secara signifikan lebih besar terjadi karena kehamilan dan menstruasi. Anemia biasanya dialami seseorang saat kekurangan zat besi dalam tubuh.

Nah, pisang kaya akan zat besi yang mampu merangsang produksi sel darah merah baru. Kandungan vitamin B6 juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

2.    Kesehatan jantung

Pisang kaya akan serat yang baik untuk jantung. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 3,1 g serat; 1,3 g protein; dan 422 mg potasium.

Pisang juga kaya akan potasium atau kalium yang mampu menjaga kadar cairan dalam tubuh serta mengatur pergerakan nutrisi dan produk limbah masuk dan keluar sel.

3.    Memperbaiki mood 

Buah pisang mampu memperbaiki mood saat wanita pms. Vitamin B6 pada pisang menjaga kadar glukosa darah dan mencegah perubahan suasana hati.

Selain itu, pisang mengandung tryptophan, asam amino yang dapat membantu menjaga daya ingat, meningkatkan kemampuan seseorang untuk belajar, dan mengingat sesuatu.

4.    Baik untuk wanita hamil

Pisang direkomendasikan bagi wanita hamil. Pisang menjadi sumber nutrisi, terutama antioksidan dan B6 yang sangat penting untuk kerja dalam sistem kekebalan tubuh bersama dengan proses metabolisme lainnya dalam tubuh.

B6 baik untuk pertumbuhan otak dan sangat disarankan supaya wanita meningkatkan konsumsinya selama kehamilan. Mikronutrien dan vitamin pada buah pisang dapat membantu mengatasi morning sickness. B6 efektif dalam perkembangan otak bayi dan sistem saraf lengkap pada wanita.

5.    Kanker

Investigasi laboratorium menyatakan bahwa protein yang ada pada pisang dapat membantu mencegah sel leukemia tumbuh. Lektin bertindak sebagai antioksidan yang mampu membantu tubuh menghilangkan molekul yang dikenal sebagai radikal bebas.

Jika terlalu banyak radikal bebas menumpuk, kerusakan sel dapat terjadi sehingga berpotensi menyebabkan kanker.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Selain Meningkatkan Kesuburan, Ini Manfaat Lain Konsumsi Buah Pisang bagi Wanita. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!