Tinggi Serat dan Vitamin, Inilah Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan
Buah sawo (pexels)

Bagikan:

ACEH – Sawo bisa dinikmati dalam berbagai cara, seperti dijadikan salad, smoothie, dan bisa dicampurkan ke susu atau yoghurt. Tetapi, cara terbaik adalah memakannya langsung setelah mengupas kulitnya. Manfaat buah sawo bagi kesehatan ada banyak.

Dengan mengonsumsi buah sawo dalam takaran dan cara yang tepat, kesehatan tubuh akan terjaga. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sawo, dikutip dari NDTVFood.

Manfaat buah sawo untuk kesehatan

1.    Kesehatan mata dan kekebahan tubuh

Buah sawo kaya akan vitamin, khususnya vitamin A dan C. Vitamin A akan menjaga kesehatan mata, sedangkan vitamin C menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga mampu merawat kesehatan kulit, membunuh radikal bebas, dan mencegah gangguan jantung.

2.    Antiinflamasi

Sawo punya kandungan tannin tinggi yang berfungsi sebagai antiinflamasi atau peradangan. Peradangan bisa memicu beberapa penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

3.    Menambah energi

Kandungan fruktosa dan sukrosa alami pada sawo mampu memberikan tambahan energi bagi tubuh. Jika Anda punya jadwal yang padat, Anda bisa mengonsumsi buah sawo sebagai penambah energi.

4.    Mengatasi sembelit

Sawo juga punya manfaat dapat mengatasi sembelit. Serat pada sawo berguna sebagai pencahar.

5.    Sumber antioksidan

Tak hanya kaya akan serat dan vitamin, sawo juga mengandung antioksidan. Oleh karena itu, rajin mengonsumsi sawo dipercaya dapat mencegah jenis kanker tertentu, misalnya kanker rongga mulut.

6.    Mengontrol tekanan darah

Buah sawo punya manfaat untuk menjaga tekanan darah. Magnesium dalam sawo dipercaya bisa menjaga pembuluh darah tetap aktif, sedangkan kalium bisa mengatur tekanan darah serta sirkulasi. Buah sawo juga bermanfaat untuk mengobati anemia karena kaya akan zat besi.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul 6 Manfaat Mengonsumsi Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!