Penyebab Sinusitis dan Risiko Penyakit yang Ditimbulkan
Ilustrasi Sinusitis (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Sinusitis adalah gangguan pernapasan dengan gejala hidung tersumbat sehingga kepekaan indra penciuman terganggu. Sinusitis juga kerap diikuti dengan sakit kepala, nyeri pada sekitar pangkal hidung, demam, hidung berlendir, dan bau mulut. Apa penyebab sinusitis?

Kali ini kita akan membahas seluk beluk sinusitis dan penyebab sinusitis. Penyakit ini rentan dialami oleh orang dengan alergi, asma, polip hidung, daya tahan tubuh yang lemah, dan struktur hidung yang tak normal.

Jika sinusitis tidak segera diatasi, bisa memicu komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan , seperti abses otak, meningitis, bahkan infeksi pada tulang.

Apa itu sinusitis dan penyebabnya?

Sinusitis merupakan terjadinya pembengkakan pada jaringan sinus. Pembengkakan bersifat jamak dan disebabkan oleh infeksi.

Sinus letaknya pada rongga yang menghubungkan tulang tengkorak. Rongga yang disebut sinus ini fungsinya sebagai resonansi suara.

Pada kondisi normal, sinus berisi udara. Tetapi akibat pembengkakan, udara terhambat dan selaput lendir memproduksi lendir lebih banyak.

Karena lendir yang cukup banyak diproduksi dan menumpuk di rongga sinus maka sinusitis dialami.

Melansir WebMD, penyebab sinusitis ada 5 kondisi. Berikut adalah penjelasannya.

1.    Flu biasa

2.    Rinitis alergi atau pembengkakan pada lapisan hidung yang disebabkan oleh allergen

3.    Pergeseran rongga hidung

4.    Tumbuh polip pada hidung

5.    Akar gigi pada rahang atas menembus dasar sinus maksilaris atau sinusitis dentogen yang disebabkan gigi taring bagian atas.

Sinusitis ada dua kategori, yaitu sinusitis akut dan sinusitis kronis. Sinusitis akut dialami ketika merasakan gejalanya kurang dari 12 minggu.

Sementara, sinusitis kronis dialami ketika merasakan gejalanya lebih dari 12 minggu dan diikuti dengan atau tanpa polip.

Pengobatan sinusitis pada umumnya berdasarkan rekomendasi dokter. Biasanya, pada penderita sinusitis akut ataupun kronis akan diberikan resep obat dan tindakan medis untuk mengatasi infeksi virusnya dulu.

Di samping itu, dokter akan memberikan obat antibiotik serta menyarankan untuk melakukan kebiasaan sehari-hari yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Sinusitis, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengobatinya? Waktunya Merevolusi Pemberitaan!