Tunjangan Kinerja Guru di Aceh yang Terutang sejak 2015 Segera Dilunasi
Ilustrasi guru (Antara)

Bagikan:

ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh segera mencairkan tunjangan kinerja (tukin) bagi 10.807 guru madrasah yang terutang sejak 2015.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh, Iqbal, pelunasan tukin ini merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi hak para guru dan dosen yang belum terlunasi.

"Alhamdulillah ini merupakan kabar gembira bagi kita semua. Semoga pelunasan tunjangan ini dapat membantu para tenaga pendidik di tengah wabah COVID-19 seperti saat ini," ungkap Iqbal di Banda Aceh, Jumat, 25 Juni, dikutik dari Antara.

Anggaran untuk Tukin Guru dan Dosen Telah Tersedia

Ia menjelaskan bahwa anggaran pelunasan tukin guru dan dosen sudah tersedia dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) setiap satuan kerja, totalnya untuk Aceh adalah Rp231,1 miliar. Iqbal meminta kepada setiap satuan kerja melakukan koordinasi dengan Subbag Perencanaan Kanwil Kemenag Aceh terkait realisasinya.

"Lakukan secara tepat dan maksimalkan anggaran yang terserap dan hindari sisa realisasi," kata Iqbal.

Pihak madrasah, lanjut Iqbal, diimbau untuk segera melengkapi dokumen daftar penerima selisih tukin sesuai data penerima yang telah melalui tahap verifikasi dan validasi atau verval dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Penerima adalah hasil verval BPKP, karenanya dokumen harus lengkap sehingga dapat dipertanggungjawabkan nantinya," Iqbal melanjutkan.

Iqbal mengatakan, berdasarkan data nasional, sebanyak 95.930 tenaga pendidik (85.820 guru dan 10.100 dosen) yang tersebar di 2.455 satuan kerja belum menerima tukin periode 2015—2018. Total anggaran untuk tukin tersebut adalah Rp2 triliun.

Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan respon untuk melunasi hak para guru dan dosen tersebut dengan menerbitkan Surat No: S-103/MK.2/2021 tanggal 30 Mei 2021 tentang Penetapan Satuan Anggaran Bagian Anggaran 999.08 (SABA 999.08) dari BA BUN.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Kabar Gembira untuk 10.807 Guru Madrasah di Aceh, Dana Tunjangan akan Segera Cair. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!