Berita Kebakaran: Dalam Dua Hari, Empat Rumah Warga di Aceh Dilahap si Jago Merah
Rumah warga di Aceh Barat yang terbakar (Antara)

Bagikan:

ACEH -  Empat rumah warga di Kabupaten Aceh Barat Daya dan Aceh Besar, Provinsi Aceh, hangus dalam kebakaran dua hari terakhir. Hal tersebut diungkapkan oleh menurut Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Menurut Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas, satu rumah terbakar ada di Desa Teladan Jaya, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya, pada Kamis, 17 Juni, sekitar pukul 12.00 WIB. Tiga rumah yang lain terbakar pada Rabu, 16 Juni, di Aceh Besar.

“Satu unit rumah yang terbakar ini miliki Samsudin (35). Akibatnya, rumah rusak berat sehingga untuk sementara empat jiwa dalam satu kepala keluarga penghuninya harus mengungsi,” terang Ilyas di Banda Aceh, Kamis, 17 Juni, dilansir Antara

Penyebab Kebakaran di Aceh Masih Diselidiki

Ia menjelaskan, ketika menerima informasi kebakaran, petugas BPBD Aceh Barat Daya langsung meluncur ke lokasi untuk memadamkan si jago merah. Timnya mengerahkan satu unit armada damkar dan dibantu oleh masyarakat setempat.

“Api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 13:00 WIB dan tengah proses pendinginan,” kata Ilyas.

Terkait penyebab kebakaran di Aceh Barat Daya, pihaknya belum bisa memastikan. Saat ini, tambahnya, kronologis kejadian masih proses penyelidikan petugas.

Informasi terakhir diterima, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya telah memberikan bantuan masa panik, melakukan pendataan dan pelaporan pascakejadian kebakaran.

Sementara, Ilyas mengatakan bahwa tiga rumah yang terbakar pada Rabu berada di Desa Tungkop, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar. Akibatnya tiga unit rumah berkonstruksi kayu tersebut hangus terbakar.

Tiga rumah kontrakan yang terbakar itu milik M Yusuf Ibrahim (53), sehingga mengakibat 11 jiwa korban terdampak dalam tiga kepala keluarga harus mengungsi ke rumah saudaranya.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 18.26 WIB. Dan dugaan sementara api dari kompor gas,” kata Ilyas.

Sementara, Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Zakaria Ahmad mengingatkan bahwa Aceh kini memasuki musim kemarau dengan suhu udara mencapai 34 derajat Celsius, sehingga warga diminta waspada terhadap potensi kebakaran pemukiman maupun hutan dan lahan.

“Iya memang kita perkirakan Aceh sudah memasuki musim kemarau dan juga memasuki angin barat, sehingga perlu kita waspadai kebakaran, terutama kebakaran lahan,” kata Zakaria di Aceh Besar.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Empat Rumah Warga di Aceh Barat Hangus Terbakar. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!