Presiden Jokowi Minta Daerah Lain Contoh Bekasi dalam Vaksinasi COVID-19
Presiden RI Joko Widodo (Setkab)

Bagikan:

ACEH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kota dan kabupaten lain di Indonesia meniru Kota Bekasi dalam melakukan vaksinasi COVID-19 massal, yaitu memanfaatkan lapangan bola.

Hal tersebut ia sampaikan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Jawa Barat. Vaksinasi kali ini menyasar masyarakat umum, lansia, pelayan publik, serta difabel.

"Pagi hari ini saya mengunjungi vaksinasi yang dilakukan di Kota Bekasi bersama saya Menteri Kesehatan, Gubernur Jawa Barat, dan juga Wali Kota Bekasi," ungkap Jokowi, Senin, 14 Juni, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Pemanfaatan Lapangan Sepak Bola Membuat Vaksinasi Lebih Efisien

Jokowi mengatakan, penggunaan lapangan sepak bola oleh Kota Bekasi, bisa membuat vaksinasi COVID-19 massal dilaksanakan dengan baik. 

Terlebih lagi, berdasarkan laporan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, dalam sehari ada 10 ribu dosis vaksin COVID-19 yang bisa disuntikkan di lokasi tersebut.

"Kami berharap dengan model yang seperti di Bekasi ini, bisa diterapkan di kota dan kabupaten yang lain sehingga vaksinasi berlangsung dalam jumlah yang banyak," terang Presiden.

Jika cara vaksinasi massal seperti ini dilakukan oleh daerah lain, herd immunity atau kekebalan komunal dapat segera tercipta di tengah masyarakat.

"Kita harapkan segera bisa mencapai kekebalan komunal, herd immunity. Dan kita berharap penyebaran COVID bisa kita hambat penyebarannya," ujar Jokowi.

Dalam kunjungan ini, Jokowi tampak didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Diberitakan sebelumnya, data Kementerian Kesehatan per Minggu, 13 Juni mencatat jumlah masyarakat yang telah disuntik vaksin COVID-19 dosis kedua bertambah menjadi 11.568.443 orang. Sementara masyarakat yang sudah divaksin dosis pertama mencapai 20.158.937 orang.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Jokowi Minta Daerah Lain Tiru Bekasi dalam Vaksinasi, Gunakan Lapangan Bola. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!