Kejar Vaksinasi COVID-19 hingga Pelosok, Jokowi Minta Kepala Daerah Lebih Kreatif
ILUSTRASI (DOK Pemprov Jatim)

Bagikan:

ACEH – Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi untuk mempercepat vaksinasi COVID-19, terutama bagi masyarakat yang ada di wilayah pelosok. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, setelah melakukan rapat di Istana Negara, Kamis, 16 Desember. Dia mengatakan, perintah tersebut disampaikan Presiden secara langsung kepada para kepala daerah, Kapolda, dan Pangdam.

"Tadi Bapak Presiden menyampaikan ke Pangdam, Kapolda, Gubernur, Bupati, Wali Kota se-indonesia untuk percepatan vaksinasi. Karena sekarang yang belum divaksin kan makin sedikit tapi lokasinya makin di pinggiran, makin dipelosok terus kemudian makin di daerah terpencil ditambah tantangan cuaca di daerah pinggiran," kata Pratikno kepada wartawan di Jakarta, dikutip VOI.

Kejar Vaksinasi COVID-19 di Pelosok

Terkait keadaan tersebut, Jokowi meminta para kepala daerah untuk kreatif dan berinovasi. Terutama, agar masyarakat di pelosok mau mendapatkan vaksin COVID-19.

"Pak Presiden minta supaya kepala daerah, Pangdam, Kapolda makin kreatif berinovasi untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat yang lokasinya di pelosok," ungkap Pratikno menirukan arahan Presiden Jokowi.

"Arahan Pak Presiden, ayo percepat vaksin bagi yang belum, tempatnya makin di pelosok, makin jauh tapi dia tetap harus dikejar dengan cara-cara inovatif," imbuhnya.

Dalam rapat itu sejumlah kepala daerah memang sudah ada yang menginisiasi gerakan vaksinasi COVID-19 secara kreatif dan inovatif untuk menjangkau masyarakat di pelosok. Salah satunya, dengan menggunakan kendaraan bermotor sehingga vaksinasi door to door bisa dilaksanakan.

Tak hanya itu, ada juga daerah yang menggunakan hadiah untuk menarik minat warganya melaksanakan vaksin. Diharapkan, dengan cara ini target vaksinasi 70 persen dapat segera terkejar.

"Karena itu cara kita melindungi masyarakat dari pandemi," tandasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jokowi Perintahkan Vaksinasi COVID-19 Dikebut Terutama Bagi Masyarakat di Pelosok.

Selain vaksinasi COVID-19, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.