Presiden Lantik Kepala BNPB Baru Menggantikan Doni Monardo
Doni Monardo (BNPB)

Bagikan:

ACEH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru, yaitu Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Ganip Warsito. Ganip akan menjadi Kepala BNPB, menggantikan Doni Monardo.

Pelantikan digelar hari ini, 25 Mei, di Istana Negara, Jakarta, sekitar pukul 10.30 WIB. Usai Presiden melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di Istana Negara, Jakarta.

Pergantian dilakukan karena Doni akan memasuki masa pensiun dari dinas kemiliteran, yaitu pada 1 Juni 2021.

Tradisi Kepala BNPB

Menurut Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Presiden Jokowi ingin ada tradisi seorang perwira tinggi aktif untuk posisi Kepala BNPB.

"Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan, Pak Ganip akan dilantik Selasa pagi," ungkap Pratikno.

Sebagai informasi, Doni Monardo telah mengemban tugas sebagai Kepala BNPB sejak 9 Januari 2019. Sebelum di BNPB, ia pernah mengisi posisi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). 

Doni merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1985 yang memiliki pengalaman dalam bidang infanteri.

Sementara, Ganip Warsito merupakan mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Ganip baru menjabat sebagai Kasum TNI selama tiga bulan lebih usai dilantik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada 1 Februari 2021 lalu.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 ini berpengalaman di bidang infanteri. Dia pernah menjabat sebagai Pangkogabwilhan III, Pangdam XIII/Merdeka, Asops Panglima TNI, dan Pangkogabwilhan III.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Kepala BNPB Doni Monardo Diganti, Presiden Lantik Ganip Warsito. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!