Animal Defender Tak Percaya Canon si Anjing Mati Akibat Stres
Dok istimewa

Bagikan:

ACEH – Kabar matinya seekor anjing di Aceh Singkil, Aceh, ramai di media sosial. Kepala Satpol PP dan Wilayatul Hisbah Kabupaten Aceh Singkil, Ahmad Yani, menampik kabar penyiksaan oleh anggotanya terhadap Canon si anjing yang ditangkap di sebuah resor di Pulau Banyak. Menurutnya, Canon mati akibat stres.

Animal Defender yang menerima kabar tersebut meluncur ke Aceh Singkil untuk mengetahui kronologi detail dari pemilik Canon. Terkait sebab kematian, Animal Defender tidak percaya kalau Canon mati gara-gara stres.

Mereka percaya kalau anjing bisa stres. Namun, mereka tak percaya bahwa stres bisa menyebabkan anjing mati dalam waktu singkat.

"Tidak mungkin Canon mati dalam waktu singkat akibat stres," kata perwakilan Animal Defender, Doni Herdaru, kepada VOI, Senin, 25 Oktober.

Canon si Anjing Mati karena Apa?

Doni ikut bersama tim Animal Defender ke Aceh Singkil. Mereka akan dibantu oleh GP Ansor cabang Aceh Singkil untuk mengawal persoalan ini masuk ke proses hukum.

Doni telah terlibat dalam ribuan kasus advokasi penganiayaan terhadap binatang. Ia yakin stres akan menyebabkan anjing mati dalam jangka waktu yang lama.

Doni lebih yakin kalau Canon akhirnya mati akibat kepanasan atau heat stroke. Keyakinan dia merujuk pada durasi kematian Canon yang terbilang sangat singkat usai dibawa pergi. Apalagi melihat rekaman saat Canon dibawa oleh Petugas Satpol PP Aceh Singkil bukan dengan SOP yang benar.

Dikutip dari berbagai sumber, heat stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika suhu tubuh anjing atau kucing sangat tinggi, biasanya melebihi 41 derajat Celcius.

Kondisi ini bisa menyebabkan respons peradangan di seluruh tubuh anjing atau kucing, dan memicu gagal organ penting di tubuhnya. Karenanya, kondisi heat stroke bisa berbahaya bagi mereka.

Kondisi heat stroke rentan terjadi pada anjing dan kucing ketika cuaca sangat panas, karena tubuhnya yang berbulu tidak mengeluarkan keringat dengan cara yang sama dengan manusia. Biasanya heat stroke pada anjing penyebabnya adalah ditinggalkan di dalam mobil yang diparkir hingga di tempat yang tidak ada tempat teduh dan air.

"Ini yang paling penting, harus ada pemeriksaan kematian pada Canon. Masalahnya, sang pemilik saja tidak tahu di mana Canon dikubur oleh Satpol PP," beber Doni.

"Lagipula, Satpol PP tidak punya edukasi bagaimana cara evakuasi seekor binatang. Kenapa bukan dinas lain saja yang turun tangan," tandasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Animal Defender Tolak Stres Bikin Anjing Canon Mati di Aceh Singkil, Diduga karena Heat Stroke.

Selain Canon si anjing, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!