Aung San Suu Kyi Jalani Persidangan Luring  Perdana sejak Ditahan Rezim Militer Myanmar, Ini Pesannya
Aung San Suu Kyi (Wikimedia Commons)

Bagikan:

ACEH – Aung San Suu Kyi tampil untuk pertama kalinya di muka umum sekaligus pertama kali hadir di persidangan luring (offline), Senin, 24 Mei. Dalam persidangan tersebut, tokoh Myanmar tersebut tampak sehat.

Tha Maung Maung, anggota tim pengacara Aung San Suu Kyi mengatakan bahwa Suu Kyi sempat bertemu dengan tim pengacaranya selama 30 menit sebelum persidangan dimulai.

Maung Maung mengatakan bahwa  Suu Kyi yang ditahan sejak kudeta militer Myanmar pada 1 Februari dalam kondisi sehat. Persidangan kemarin merupakan persidangan pertama yang digelar secara langsung, setelah sidang-sidang sebelumnya digelar secara daring.

Pesan Aung San Suu Kyi Terkait Partainya

Untuk diketahui, Suu Kyi, peraih Nobel Perdamaian, merupakan satu di antara lebih dari 4.000 orang yang ditahan sejak kudeta militer Myanmar.

Ia menghadapi dakwaan yang berkisar dari memiliki radio walkie-talkie secara ilegal hingga melanggar undang-undang rahasia negara.

Pemimpin yang digulingkan itu mendoakan orang-orang yang sehat dalam pertemuannya dengan para pengacaranya.

Ia pun sempat membicarakan soal Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinannya yang terancam dibubarkan oleh rezim militer Myanmar. 

"Ia mengatakan partai itu didirikan untuk rakyat, sehingga partai itu akan ada selama rakyat ada," terang Maung Maung kepada Reuters, Senin, 24 Mei. 

Seperti diketahui, rezim militer Myanmar melalui Komisi Pemilihan bentukan mereka, akan membubarkan partai politik Aung San Suu Kyi, lantaran tuduhan manipulasi raihan suara dalam Pemilu November 2020.  

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Jalani Sidang Offline Perdana, Aung San Suu Kyi Temui Pengacaranya 30 Menit. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!