VIrus Corona Jenis Baru Ditemukan, Berasal dari Anjing
Anjing (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Virus corona jenis baru yang diyakini berasal dari anjing muncul di antara pasien rumah sakit karena pneumonia pada 2017—2018. Kemungkinan, ini menjadi virus corona asing kedelapan yang diketahui menjadi penyebab penyakit pada manusia jika dipastikan sebagai patogen, menurut riset.

Dilansir Antara, para ilmuwan riset, dipublikasi di jurnal Clinical Infectious Diseases pada Kamis, 20 Mei, mengungkapkan bahwa temuan mereka menggarisbawahi ancaman kesehatan masyarakat dari virus corona hewan.

Mereka telah menguji sampel tes hidung dari 301 pasien pneumonia di rumah sakit di Sarawak, Malaysia timur. Delapan di antaranya, kebanyakan adalah balita, kembali positif terinfeksi virus corona anjing.

Apakah Virus Ini Menyebabkan Sakit pada Manusia?

Urutan genom lebih lanjut menemukan bahwa jenis baru, bernama CCoV-HuPn-2018, memiliki karakteristik yang serupa dengan virus corona lain yang diketahui telah menginfeksi kucing dan babi, tetapi sebagian besar serupa dengan yang diketahui telah menginfeksi anjing.

Jenis itu juga memiliki delesi gen atau mutasi, yang tidak ditemukan pada virus corona anjing yang diketahui, tetapi hadir pada strain manusia seperti SARS-COV dan SARS-COV-2, virus penyebab pandemi COVID-19. Sumber virus corona SARS-COV-2 itu sendiri, baik hewan atau lainnya, masih belum jelas.

Penulis jurnal mengatakan bahwa temuan-temuan tersebut mengindikasikan bahwa virus kemungkinan baru-baru ini berpindah dari hewan ke manusia, tetapi menekankan bahwa perlu lebih banyak riset untuk menentukan apakah virus bisa ditransmisikan antarmanusia.

Mereka juga mengatakan bahwa masih belum jelas apakah virus bisa membuat manusia sakit, melihat bahwa kemungkinan virus hanya "dibawa" di saluran udara pasien tanpa menyebabkan penyakit.

Terdapat tujuh virus corona yang diketahui menyebabkan penyakit pada manusia: empat yang menyebabkan flu biasa, dan tiga penyebab penyakit yang dikenal SARS, MERS, dan COVID-19.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Hasil Riset: Muncul Jenis Baru Virus Corona yang Berasal dari Anjing. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!