Kemenkes: Kasus COVID-19 Varian Baru Merupakan Pekerja yang Pulang dari Malaysia
Jubir Penanganan COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi (Antara)

Bagikan:

ACEH - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berikan konfirmasi mengenai adanya kasus penularan COVID-19 varian B117 yang berasal dari Inggris dan varian B1351 dari Afrika Selatan.

Menurut Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kemenkes, penularan dua varian COVID-19 itu ditemukan pada pekerja migran yang pulang ke Indonesia.

"Mutasi virus baru itu dibawa oleh pekerja migran Indonesia (PMI) yang pulang," ungkap Siti, Senin, 17 Mei, dikutip dari Antara.

Total Kasus COVID-19 Varian Baru di Indonesia

Siti menjelaskan bahwa penularan varian virus hasil mutasi itu terdeteksi dalam pemeriksaan menggunakan metode PCR terhadap dua PMI yang tengah menjalani karantina di fasilitas pemerintah. Menurutnya, kedua pasien tersebut saat ini masih menjelani karantina dan kondisinya baik.

Dengan dua kasus tersebut, Siti mengungkapkan bahwa jumlah kasus penularan COVID-19 varian B117 berjumlah 14 kasus, sedangkan kasus penularan COVID-19 varian B1351 berjumlah 2 kasus.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta pada Senin pagi mengatakan bahwa dua kasus baru penularan virus corona yang telah bermutasi ditemukan di Jawa Timur. 

"Dua-duanya merupakan pekerja migran Indonesia yang datang dari Malaysia," ungkap Budi.

Menteri Kesehatan meminta para kepala daerah memperbanyak pemeriksaan untuk mendeteksi penularan varian baru virus corona serta mengingatkan warga untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan virus corona.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Kemenkes Temukan Virus Corona Varian B117 dan B1351 Masuk ke Indonesia Dibawa Pekerja Migran dari Malaysia. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!