Berita Palestina Terbaru: Moeldoko Tegaskan Sikap Indonesia Terkait Konflik di Palestina
Moeldoko (Antara)

Bagikan:

ACEH – Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan mengatakan bahwa sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah sejak dahulu hingga saat ini.

"Pada dasarnya sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah," ungkapnya dalam tayangan video, Kamis, 20 Mei, dilansir Antara.

Ia mengatakan, terkait situasi yang saat ini berkembang, Indonesia mengecam tindakan kekerasan secara eskalasi oleh Israel yang menewaskan banyak sekali korban jiwa, termasuk anak-anak dan perempuan di Palestina.

"Dan juga kerusakan parah di antaranya kantor berita Associated Press dan Al Jazeera, yang merupakan pelanggaran terhadap prinsip jurnalistik internasional. Indonesia juga sangat prihatin atas munculnya situasi di mana krisis kemanusiaan terjadi di sana. Untuk itu sekali lagi sikap Indonesia mengecam dengan keras, " ungkap Moeldoko.

Moeldoko Minta Perdebatan Terkait Palestina Diakhiri

Moeldoko mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, telah menjalin komunikasi dengan pemimpin dari berbagai negara untuk membantu menyelesaikan konflik di Palestina.

Selain itu, juga untuk bisa mengakhiri tindak kekerasan sehingga korban jiwa tidak bertambah, serta untuk menghadirkan keadilan bagi masyarakat Palestina.

Ia mengingatkan masyarakat Indonesia untuk memahami situasi bahwa ada persoalan-persoalan domestik yang terjadi di wilayah tersebut.

Ia mengatakan, sangat aneh jika bangsa Indonesia kehabisan energi seperti saat ini dengan melakukan perdebatan tidak produktif yang sesungguhnya tidak dipahami dengan baik apa yang terjadi di sana.

"Untuk itu saya mengimbau kepada semua untuk menghentikan semuanya (perdebatan). Jangan situasi yang terjadi antara Palestina dengan Israel justru menimbulkan perpecahan di antara bangsa kita sendiri," lanjutnya.

Moeldoko menegaskan bahwa bangsa Indonesia bukan tidak peduli. Ia mengatakan, Indonesia punya sikap yang sama, yaitu empati atas apa yang terjadi di Palestina.

Untuk itu, kata dia, bangsa Indonesia jangan ikut terseret dalam situasi tersebut yang pada akhirnya justru menimbulkan perpecahan di antara anak bangsa.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Moeldoko: Sikap Indonesia terhadap Palestina Tidak Pernah Berubah. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!