Galang Dana, Masyarakat Bireuen Aceh Beli Ambulans untuk Palestina
Ilustrasi keadaan di Gaza, Palestina (Antara Foto/Reuters)

Bagikan:

ACEH – Berbagai elemen masyarakat termasuk mahasiswa di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, melakukan penggalangan donasi guna membeli ambulans untuk Palestina. Dana yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp1,8 miliar.

“Insyaallah hadirnya ambulans tentunya akan sangat membantu korban serangan Zionis," terang Anwar Ebtadi, Koordinator Bireuen untuk Palestina,  Selasa, 18 Mei, dikutip dari Antara.

Gerakan peduli Palestina tersebut terdiri atas Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bireuen, Asosiasi Keuchik (kepala desa), kampus IAI Al-Muslim, BEM STIKES Payung Negeri, BKPRMI, PEMA Umuslim, KNPI Bireuen, tokoh masyarakat, karang taruna, serta sejumlah ormas lain.

Ambulans dari Bireuen Bisa Digunakan untuk Operasi

Anwar mengatakan bahwa rakyat Palestina masih terus mengalami penderitaan akibat kekejian Zionis Israel. Korban meninggal mencapai ratusan jiwa, termasuk anak-anak dan perempuan.

Ia mengungkapkan, pengumpulan donasi mencapai Rp1,8 miliar yang kemudian digunakan untuk mengadakan satu unit ambulans dengan spesifikasi khusus. Ambulans ini bernama ambulans prehospital.

Ambulans tersebut bisa digunakan untuk melakukan operasi sebelum pasien dibawa ke rumah sakit. Penggalangan dilaksanakan di desa-desa, masjid, persimpangan jalan, dan pertokoan.

"Ambulans untuk Palestina tersebut nantinya diserahkan melalui lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT)," ujarnya.

Anwar mengatakan selama ini masyarakat Bireuen sudah beberapa kali sukses menggalang kepedulian masyarakat untuk membantu sesama yang disalurkan melalui ACT.

“Besar harapan kami agar masyarakat Bireuen khususnya mengambil kesempatan beramal jariyah ini lagi untuk membantu Muslim Palestina," kata Anwar.

Ia menambahkan jika ada warga yang ingin bersedekah jariyah mobil ambulans ini juga dapat disalurkan melalui rekening virtual account BNI Syariah 8660291021050072 atas nama Bireuen untuk Palestina.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Warga Aceh Kumpulkan Rp1,8 Miliar Beli Ambulans untuk Palestina. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!