Berita Palestina Terbaru: Warga Palestina Tewas dalam Operasi Anti-Hamas, Israel Waspadai Serangan Balik
Ilustrasi perbatasan Israel dengan Palestina di Tepi Barat. (Wikimedia Commons)

Bagikan:

ACEH – Lima warga Palestina meregang nyawa dalam gelombang operasi penangkapan Israel di Tepi Barat. Terkait hal tersebut, militer Israel (IDF) melakukan persiapan untuk kemungkinan rentetan tembakan roket dari Jalur Gaza, Palestina.

Dalam bentrokan terkait serangan operasi anti-Hamas pada hari Minggu, dua tentara IDF terluka, sedangkan lima warga Palestina tewas.

Gelombang penangkapan di lima lokasi berbeda di Tepi Barat menargetkan sel Hamas yang telah dilacak oleh pasukan keamanan Israel selama beberapa hari dan sedang merencanakan serangan.

Penggerebekan tersebut dipimpin oleh unit kontra-terorisme Duvdevan, Polisi Israel, Polisi Perbatasan YAMAM, unit kontra-terorisme YAMAS, serta dinas keamanan Shin Bet.

Warga Palestina Tewas, Israel Antisitasi Serangan Balik

Berdasarkan sumber IDF, ada kemungkinan Hamas akan memutuskan untuk menembakkan roket dari Jalur Gaza sebagai tanggapan atas operasi tersebut.

"Ini adalah sel Hamas, yang telah kami ikuti sejak lama dengan intelijen dari Shin Bet. Selalu ada kemungkinan akan ada roket, terutama karena ini adalah sel Hamas dan kelompok itu selalu berusaha menghubungkan Gaza ke Tepi Barat," terang juru bicara IDF Brigjen Ran Kochav, mengutip The Jerusalem Post, 26 September.

Sementara, kekerasan yang terjadi kemarin merupakan yang paling mematikan antara Israel dengan Hamas sejak perang Gaza selama 11 hari pada Mei lalu, mengancam meningkatnya ketegangan di perbatasan kedua pihak.

Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett, dalam penerbangan ke New York, di mana dia akan berpidato di Majelis Umum PBB pada Senin, mengatakan bahwa orang-orang Hamas 'akan melakukan serangan teroris', seperti dilansir Reuters.

"Sejauh yang kami ketahui, semua yang tewas adalah operasi Hamas bersenjata, yang mengambil bagian dalam baku tembak", tetapi menambahkan dia sedang memeriksa informasi kerabat itu," sebut juru bicara militer Israel seperti.

Terpisah, Kementerian Kesehatan Palestina juga mengatakan lima warga Palestina tewas, tetapi tidak merinci apakah mereka milik Hamas. Layanan ambulans Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan empat warga Palestina lainnya terluka.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tewaskan Lima Warga Palestina dalam Operasi Intelijen Anti-Hamas, Israel Antisipasi Serangan Roket dari Jalur Gaza.

Selain berita Palestina, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!