Pasien Positif Mutasi COVID-19 Asal India Masih Menjalani Perawatan di Jakarta Utara
RS Sulianto Saroso (ANTARA)

Bagikan:

ACEH – Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada warga negara asing (WNA) asal India yang masuk ke Indonesia dalam keadaan positif COVID-19 dengan mutasi virus B1617.

Jubir Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan bahwa saat ini warga India itu masih dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

"WNA asal India yang terinfeksi COVID-19 varian B1617 berada dalam kondisi stabil, sehat, dan masih dirawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso," terang Wiku melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 6 Mei.

Mutasi COVID-19 Masuk Indonesia, Pemerintah Perketat Pengawasan

Ia menjelaskan, pemerintah terus melakukan pemeriksaan spesimen whole genome sequencing untuk memetakan varian COVID-19 yang masuk dan beredar di Indonesia.

"Ini sedang dilakukan pengumpulan sampel dan lebih besar di daerah di mana varian-varian baru tersebut ditemukan," ujar Wiku.

Wiku menyebut pemerintah telah memperketat pengawasan di pintu masuk di wilayah Indonesia, seperti bandara, pelabuhan, dan daerah perbatasan dengan negara tetangga. Hal ini untuk mengantisipasi masuknya varian baru COVID-19 lainnya.

Namun, Wiku tetap meminta masyarakat untuk tetap patuh tergadap protokol kesehatan.

"Untuk mencegah terjadinya penularan covid-19, saya meminta kepada masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas yang dilakukan," ungkap Wiku.

Sebelumnya, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa mutasi virus B1617 telah masuk ke Indonesia.

Mutasi COVID-19 ini ada pada hasil tes whole genome sequencing dari salah satu dari ratusan WNA India yang beberapa waktu lalu naik pesawat charter masuk ke Indonesia.

"Mutasi B1617 ini kita dapatkan dari klaster WNA India yang kemarin ramai itu, yang berangkat ke Indonesia tanggal 10, 22 dan 23 April," kata Nadia.

B1617 merupakan mutasi virus yang berasal dari India. Penularan B1617 menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tsunami kasus COVID-19 di India. Virus ini sudah ditemukan sedikitnya di 17 negara.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul WNA India yang Terpapar COVID-19 B1617 Masih Dirawat di RS Sulianti Saroso Sunter. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!