Hari Pertama Penyekatan, Polisi Gagalkan Mudik 725 Kendaraan
Penyekatan Jalan Tol untuk Larangan Mudik Lebaran 2021 di Cikarang Barat, Kamis dini hari. (TMC Polda Metro Jaya)

Bagikan:

ACEH - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meminta 725 kendaraan putar balik karena akan mudik Lebaran. Mereka ditindak pada hari pertama penyekatan terkait larangan mudik, Kamis, 6 Mei.

"Total kendaraan yang diputar balik sebanyak 725 kendaraan," ungkap Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kamis, 6 Mei.

Para pengendara ini, lanjut Sambodo, tidak memiliki surat izin keluar masuk (SIKM), salah satu syarat untuk mudik 2021.

Ratusan Kendaraan Gagal Mudik Berasal dari 2 Titik Penyekatan Tol

Mereka merupakan hasil penindakan di dua titik penyekatan dari pukul 00.00 hingga 05.00 WIB.

"Gerbang tol Cikarang Barat sebanyak 317 kendaraan dengan rincian 233 kendaraan pribadi dan 84 kendaraan umum. Kemudian, di gerbang tol Cikupa sebanyak 408 kendaraan dengan rincian 359 kendaraan pribadi dan 49 angkutan umum," jelasnya.

Hingga saat ini, petugas dari tim gabungan TNI-Polri masih berjaga di titik-titik penyekatan. Mereka akan memeriksa para pengendara yang hendak mudik.

Sebelumnya diberitakan bahwa kepolisian mulai melakukan penyekatan akses Jakarta demi mencegah mudik pada masa larangan mudik. Penyekatan dengan penjagaan polisi mulai dilakukan pada pukul 00.00 WIB tengah malam tadi.

"Seluruh titik yang sudah kita persiapkan baik 17 titik check point maupun 14 titik penyekatan akan beroperasi mulai nanti malam pukul 24.00 WIB," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Rabu, 5 Mei.

Tepat pukul 00.00 WIB, petugas akan memeriksa kendaraan yang keluar dan masuk ke Jakarta. Kendaraan pribadi dan kendaraan umum diperiksa petugas penyekatan larangan mudik.

“Semua kendaraan dicek baik kendaraan pribadi atau umum. Bagi perjalanan yang dilarang selain non mudik seperti angkutan barang logistik, kedukaan atau sakit, ibu hamil yang melakukan persalinan. Di luar itu tidak boleh lakukan perjalanan,” sambung Sambodo.

Ada 4.276 personel ditempatkan di wilayah Jakarta. Polda menempatkan personel di 14 titik penyekatan dan 17 titik pemeriksaan atau check point.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Hari Pertama Penyekatan Mudik, 725 Kendaraan Diputar Balik. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!