Satgas Pangan Aceh Tingkatkan Pengawasan Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan
Ilustrasi bahan pangan (Antara)

Bagikan:

ACEH - Tim Satgas Pangan Aceh meningkatkan pengawasan terhadap harga serta ketersediaan bahan pangan menjelang Lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

“Koordinasi dan komunikasi antarpemangku kepentingan di Aceh sangatlah penting dilakukan untuk mengawasi stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan di Aceh,” terang Amirullah, Kepala Biro Perekonomian Setda Aceh, di Banda Aceh, Jumat, 30 April.

Hal tersebut ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Satgas Pangan di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Provinsi Aceh. Menurutnya, pengawasan adalah hal yang penting agar harga barang kebutuhan tidak dijual di atas harga normal.

Bank Indonesia sarankan pengadaan operasi dan sidak pasar

Rapat tersebut diikuti oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh, Achris Sarwani; Dirreskrimsus Polda Aceh, Margiyanta; Kepala Dinas Pangan Aceh, Cut Yusminar; Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Mohd Tanwier; serta beberapa pemangku kepentingan lainnya.

Achris mengungkapkan, secara historis, setiap bulan Ramadan dan menjelang hari raya selalu terjadi peningkatan laju inflasi di Provinsi Aceh. Terkait hal tersebut, ia merekomendasikan adanya operasi dan sidak pasar.

“Harga normal bahan pokok juga perlu dipublikasi melalui media. Begitu juga proses distribusi barang pangan juga perlu diawasi,” ungkap Achris.

Selain berita soal harga dan ketersediaan bahan pangan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!