Macan Dahan Masuk Rumah Warga Sumatra Barat, Diduga Berasal dari Kaki Gunung Pasaman
Macan dahan saat dievakuasi dari rumah warga (Antara)

Bagikan:

ACEH – Macan dahan (Neofelis diardi ) berhasil dievakuasi oleh tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar dari rumah warga di Rimbo Batu Jorong Koto Padang, Nagari Anam Koto Utara, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat. Macan dahan merupakan satwa langka yang dilindungi.

"Benar, kita melakukan evakuasi macan itu dari rumah warga bernama Unan (34), warga Rimbo Batu Jorong Koto Padang, Kinali pada Rabu, 28 April kemarin," ungkap Ade Putra, Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Sumbar, di Simpang Empat, Kamis, 29 April, dikutip dari Antara.

Macan dahan di Pasaman Barat dikira harimau sumatra

Ketika pertama kali melihat macan tersebut di dalam rumah, Unan dan keluarga mengira bahwa satwa tersebut merupakan harimau sumatra. Warga kemudian melapor ke petugas Puskeswan Kinali yang diteruskan ke BKSDA Resor Agam.

"Butuh waktu tiga jam tim BKSDA bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek Kinali, dan warga baru dapat menggiring satwa dilindungi itu ke kandang yang sudah disiapkan," terang Ade.

Menurutnya, macan dahan tersebut diduga masuk ke rumah Unan setelah terlibat perkelahian dengan jenisnya. Setelah itu, si macan terjebak di dalam kamar mandi.

Berdsarkan identifikasi lapangan, macan dahan itu diduga berasal dari kawasan hutan lindung di kaki Gunung Pasaman, sekitar 700 meter dari lokasi penemuan.

Puluhan warga yang penasaran menyaksikan proses evakuasi. Terpaksa, petugas membubarkan kerumunan demi kelancaran evakuasi. Macan dahan tersebut kemudian dibawa tim BKSDA ke kantor Resor KSDA Agam di Lubuk Basung untuk diobservasi.

Selain evakuasi macan dahan di Sumatra Barat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id. Artikel ini telah ditayangkan sebelumnya dengan judul Macan Dahan Nyasar ke Kamar Mandi Warga di Sumbar, Awalnya Dikira Harimau Sumatera. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!