Tercium Kabar "Reshuffle" Kabinet Jokowi Dilakukan Lagi Setelah Lebaran, Ini Kata Ketua DPP PPP
Presiden Joko Widodo (setkab.go.id)

Bagikan:

ACEH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan kembali melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju setelah Lebaran. Pada Rabu, 28 April, Jokowi sudah me-reshuffle kabinet setelah terjadi perubahan nomenklatur kementerian.

Ada dua menteri dan satu kepala badan yang dilantik Jokowi ketika itu. Pertama adalah Nadiem Makarim yang dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek). Selanjutnya, ada Bahlil Lahadalia yang dilantik sebagai Menteri Investasi. Satu lagi adalah Laksana Tri Handoko yang dilantik sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Meski baru beberapa waktu, publik menduga akan ada perombakan lagi dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf. Diduga, reshuffle kabinet Jokowi yang selanjutkan akan dilakukan untuk mengganti menteri-menteri yang kurang perform belakangan ini.

Sumber munculnya kemungkinan reshuffle setelah Lebaran 2021

Aroma “reshuffle lagi” tercium dari partai pendukung pemerintah walau tidak dijelaskan dengan gamblang.

Darmadi Durianto, politikus PDIP, menilai bahwa daripada melakukan reshuffle dua kali, lebih baik sekaligus agar efektif. Pernyataan tersebut, menyimpan isyarat mengenai kemungkinan perombakan lagi.

"Karena memang kan ini masa puasa sebentar lagi Lebaran, persiapan menghadapi Lebaran. Ini kan harus efektif supaya barang-barang jangan naik, distribusi lancar. Jadi ada baiknya ditunda, tapi itu tergantung presidenlah bagaimana melihatnya," kata Darmadi kepada VOI, Rabu, 28 April.

"Tapi ya artinya dua kali energi rakyat dipusatkan ke situ," tambahnya.

Menurut Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi, pihaknya belum mendengar info mengenai reshuffle ketiga untuk bulan depan.

"Ndak ada tuh (info adanya reshuffle pada Mei, red)," ungkap Awiek, sapaan Achmad Baidowi, Kamis, 29 April.

Meski begitu, ia juga mengatakan, jika tanpa menyebut bulan, reshuffle bisa saja terjadi setelah Idulfitri 2021 karena waktunya panjang.

"Kalau habis Lebaran ya bisa saja, kan sehabis Lebaran ada waktu setahun," kelakar Awiek sambil tertawa.

Selain kabar adanya reshuffle kabinet Jokowi-Ma’ruf setelah Lebaran, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id. Artikel ini telah ditayangkan sebelumnya dengan judul Jokowi Bakal Reshuffle Menterinya Lagi Habis Lebaran? Waktunya Merevolusi Pemberitaan!