Atasi Pandemi COVID-19, Wakil Ketua DPR Serukan Kerja Sama Multilateral
Azis Syamsuddin (Antara)

Bagikan:

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Azis Syamsuddin, menyampaikan pendapatnya mengenai pentingnya meningkatkan kerja sama multilateral berasaskan kerja tim dalam menanggulangi dampak pandemi COVID-19.

"Semua negara dapat meningkatkan teamwork dalam berbagai konsep multilateralisme, sehingga tidak ada negara yang tertinggal dalam penanggulangan dampak pandemi dan dapat kita atasi secara bersama-sama," jelas Azis di Jakarta, Kamis, 15 April.

Hal tersebut ia sampaikan dalam diskusi bertajuk "Pandemic Poser Health and the 4IR" dalam forum International Raisina Dialogue 2021 yang digelar di New Delhi, India, secara virtual pada 13—15 April 2021.

Penjelasan Wakil Ketua DPR soal penyediaan vaksin COVID-19

Menurutnya, negara-negara perlu menyiapkan mitigasi yang sesuai, transparansi data, dan kolaborasi dalam menyediakan vaksin COVID-19. Ia mengatakan, Indonesia selalu terbuka untuk bekerja sama terkait pengelolaan data dan mengajak kolaborasi produksi dan distribusi vaksin.

"Diharapkan India yang merupakan salah satu produsen vaksin terbesar di dunia, dapat meningkatkan produksi vaksin untuk kebutuhan global," terangnya.

Wakil Ketua DPR menjelaskan, produksi dan distribusi vaksin adalah satu kesatuan. Terkait hal tersebu, dibutuhkan kerja sama tim dan perasaan "brotherhood" secara global. Dengan begitu, tujuan mulia tingkat internasional ini bisa tercapai demi kepentingan kemanusiaan.

Menurutnya, pandemi COVID-19 memberikan pelajaran yang sangat berharga, yaitu mengenai pentingnya penerapan hukum internasional serta penataan institusi global secara efektif.

"Tantangan dunia ke depan adalah terkait mengatur ulang efektivitas institusi global serta penegakan hukum-hukum internasional, sehingga ada asas keadilan antarnegara dan bangsa," ujarnya.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!