ASPPI Dorong Usaha Pariwisata Aceh Kantongi Sertifikasi CHSE
Wisatawan Museum Tsunami mencuci tangan (Antara)

Bagikan:

Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh mendorong pelaku usaha pariwisata di Aceh untuk memiliki sertifikasi CHSE (cleanlines, health, safety, environment sustainbility) sebab sertifikat ini merupakan kompetensi protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19.

Azwani Awi, Ketua ASPPI Aceh, menjelaskan bahwa sertifikasi CHSE adalah protokol yang dijalankan usaha pariwisata pada masa pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih terjadi.

"Dengan sertifikasi CHSE ini, maka usaha pariwisata di Aceh menerapkan ketat protokol kesehatan. Dan ini sejalan dengan program pemerintah memutuskan mata rantai penularan dan penyebaran COVID-19," terang Azwani.

Sertifikasi CHSE untuk bangkitkan usaha pariwisata

Azwani mengungkapkan, sertifikasi CHSE adalah program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membangkitkan kembali usaha pariwisata yang beberapa waktu terpuruk akibat pandemi.

"Dengan sertifikasi CHSE ini usaha pariwisata bisa bangkit kembali. CHSE ini merupakan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi. Karena itu, kami mendorong pelaku usaha pariwisata di Aceh memiliki sertifikasi CHSE," lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, Iskandar, juga telah mendorong semua pelaku usaha pariwisata di ibu kota Provinsi Aceh tersebut untuk memiliki sertifikasi CHSE.

"Sertifikasi CHSE merupakan jaminan bahwa pelayanan usaha pariwisata memenuhi protokol kebersihan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan," terang Iskandar.

Ia mengungkapkan, Dinas Pariwisata telah melakukan sosialisasi program sertifikasi CHSE. Sosialisasi tak hanya ditujukan kepada pengelola usaha pariwisata, tetapi juga masyarakat dan aparatur desa.

Di Banda Aceh, tambah Iskandar, beberapa hotel telah mengikuti proses sertifikasi, dua di antaranya telah memiliki sertifikat CHSE. Proses sertifikasi dilaksanakan oleh tim bentukan pemerintah.

"Kami berharap semua hotel, restoran, maupun usaha pariwisata lainnya di Kota Banda Aceh mengikuti sertifikasi CHSE. Sertifikasi CHSE akan memberikan keuntungan bahwa pelayanan yang diberikan terjamin," tandasnya.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!