Pemuda Panca Marga di Aceh Barat Wajib Menjaga Ideologi Pancasila
Bupati Aceh Barat, Ramli MS (antaranews)

Bagikan:

ACEH - Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS, menjelaskan bahwa organisasi Pemuda Panca Marga (PPM) yang ada di kabupaten tersebut memiliki kewajiban untuk menjaga serta melindungi ideologi Pancasila dan UUD 1945 sebagai falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tugas utama Pemuda Panca Marga ini adalah menjaga ideologi Pancasila dan UUD 1945 di tengah perkembangan zaman teknologi sekarang ini,” ungkap Ramli di Meulaboh, Kamis.

BACA JUGA:


Hal tersebut ia sampaikan setelah menghadiri pelantikan Pengurus Cabang Pemuda Panca Marga (PPM) Aceh Barat masa bakti 2021—2026 di Aula Makodim 0105 Aceh Barat.

Selain itu, Ramli menegaskan bahwa organisasi Pemuda Panca Marga harus siap dalam menghadapi perkembangan zaman saat ini.

Masyarakat Aceh Barat perlu pembangunan wawasan nilai-nilai Pancasila

Menurut Ramli, ideologi Pancasila saat ini sedang dirusak oleh pihak yang tidak menginginkan adanya persatuan dan kesatuan bangsa di Indonesia. Oleh sebab itu, ia berharap organisasi kepemudaan tersebut mampu merawat serta membina masyarakat dalam mengamalkan ideologi Pancasila demi menjaga persatuan bangsa dan negara.

“Kita perlu membangun dan menambah wawasan kebangsaan pada masyarakat, khususnya di Kabupaten Aceh Barat, agar rakyat terjaga dari ideologi yang bertentangan dengan Pancasila,” lanjut Bupati Aceh Barat.

Ia mengatakan, selama ini Pemkab Aceh Barat memfokuskan pembangunan yang diawali dari desa sampai ke kota, menegakkan syariat islam, serta memberantas kemaksiatan demi menjalankan nilai-nilai Pancasila.

Selain itu, lanjut Ramli, pemerintah daerah sedang menyelesaikan jalan ringroad yang menghubungkan 9 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat. Hal tersebut merupakan usaha pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang ada di pelosok dalam rangka menunjang ketahanan nasional.

Pemkab Aceh Barat juga telah berhasil membentuk kampung muslimin yang bertujuan untuk membina masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan Islam, menambah wawasan kebangsaan, serta melakukan pengembangan terhadap potensi ekonomi rakyat.

“Kampung muslimin ini di bentuk untuk menyikapi permasalahan ideologi yang saat ini banyak menimpa generasi muda,” kata Ramli menegaskan.

Ramli berharap para pengurus Pemuda Panca Marga di Aceh Barat juga dituntut harus mempunyai akhlak dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Pancasila jangan hanya hafal, namun harus dipahami serta diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” terangnya.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait