Pesan Wakil Presiden RI kepada MUI Terkait Pusat Dakwah Islam bagi Ormas Islam
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. (dok BPMI Setwapres)

Bagikan:

ACEH - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimpun berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dalam satu wadah, yaitu Pusat Dakwah Islam. Ma'ruf menyampaikan hal tersebut saat memberikan arahan pada Milad ke-47 MUI di Jakarta, Selasa, 26 Juli, malam.

“Dalam beberapa rapat yang lalu, saya minta supaya ada Pusat Dakwah Islam yang dilakukan oleh MUI, yang menghimpun seluruh dai dari ormas-ormas maupun juga dari lembaga-lembaga menjadi satu kegiatan dakwah yang terkoordinasi dan terintegrasi supaya arahnya sama,” terang Wapres.

Pusat Dakwah Islam bagi Ormas Islam

Menurutnya, kesamaan arah itu harus dilakukan dengan penyamaan gerakan koordinasi antar-ormas Islam yang dilakukan oleh suatu lembaga, yang bisa merepresentasikan semua ormas Islam tersebut, yaitu MUI.

“Gerakan yang terkoordinasi sehingga semuanya berjalan bersama di bawah tenda besar yaitu pimpinan MUI. MUI adalah menjadi Imamah Institusionaliyah, nah ini. Pemimpin secara kelembagaan,” jelasnya, dikutip VOI dari Antara.

Dalam acara tersebut, Wapres yang juga berstatus sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI, meminta MUI selalu memegang teguh prinsip-prinsip agar tercipta pemahaman yang sama sehingga umat Islam di Indonesia selalu bersatu.

“Kita tidak boleh ada ego kelompok. Fanatisme kelompok kesampingkan, itu baru kita bisa membangun ukhuwah dan kesatuan umat Islam dalam bingkai kesatuan NKRI,” ujarnya.

Penyatuan Umat oleh MUI Terkait Pilpres 2024

Wapres juga sangat berharap, partisipasi MUI dalam penyatuan umat terus diberikan termasuk dalam momentum pemilihan presiden (pilpres) 2024.

“Ketika kita menghadapi krisis seperti krisis-krisis pangan yang mungkin datang, yang madzmumah, kemudian almadhar almadzmumah bahaya yang tak diduga-duga, dan juga dalam rangka kita menjaga keutuhan umat, keutuhan bangsa dalam rangka menjaga pemilu pilpres yang akan datang,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua MUI Pusat, Muhammad Cholil Nafis, yang menjadi Ketua Panitia Milad ke-47 MUI, menyebut Indonesia akan memasuki tahapan politik. Oleh sebab itu, penting untuk membangun kesatuan dan kekuatan untuk membangun Indonesia yang sejahtera di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, kata dia, dalam kesempatan milad kali ini, MUI telah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menyusun persepsi yang sama tentang dakwah di Indonesia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wapres Ma'ruf Amin Minta MUI Ajak Semua Ormas Masuk Satu Wadah Bernama Pusat Dakwah Islam.

Selain Pusat Dadwah Islam, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.