Jemaah Calon Haji Indonesia Tak Boleh Abaikan Bahaya Hipertensi
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Jemaah calon haji asal Indonesia diimbau tidak mengabaikan hipertensi sebab hipertensi bisa memicu penyakit jantung, terutama karena kelelahan akibat aktivitas selama ibadah haji di Arab Saudi.

"Saya harap semua jamaah di Arab Saudi jaga kesehatannya, jangan sampai merasa pusing baru cek. Kita harus rutin cek apakah ada indikasi tensi naik atau tidak," terang Kepala Seksi Kesehatan Daker Madinah, Rahmad, VOI dari Media Center Haji di Madinah, Senin, 20 Juni.

Bahaya Hipertensi bagi Jemaah Calon Haji

Hipertensi perlu dikontrol agar tidak menjadi pemicu penyakit jantung. Hipertensi bisa lebih berisiko terhadap penyakit jantung jika pengidap melakukan aktivitas yang tinggi, mengalami kelelahan, dan tidak minum obat dengan teratur.

Sampai Minggu, 19 Juni, Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah menerima 157 kunjungan dengan rincian 82 pasien rawat inap, 20 orang observasi, dan evakuasi dua jemaah yang sakit.

Hasil diagnosis menunjukkan bahwa penyakit terbanyak yang diderita adalah celulitis, hipertensi, diabetes, dan dehidrasi. Penyakit terbanyak yang diderita jemaah di pemondokan adalah hipertensi terdata sebanyak 1.356 orang dari tiga sektor.

Jemaah Calon Haji Harus Jaga Kesehatan

Para jemaah mengeluh kelelahan, kurang minum, dan pusing akibat aktivitas yang tinggi. Namun, ada juga yang sudah mengidap hipertensi sejak dari Tanah Air, karena aktivitas yang tinggi selama di Tanah Suci dan tidak minum obat secara teratur sehingga penyakitnya tidak terkontrol.

Dia mengingatkan semua jemaah agar menjaga kesehatan jangan sampai kelelahan. Bagi yang sudah mempunyai hipertensi harus menjaga pola makan, jangan sampai lelah dan haus.

Sebelumnya Kepala Seksi Kesehatan Daker Mekkah M Imran Saleh mengatakan, 15.300 jemaah calon haji Indonesia yang terdata pada 2022 memiliki penyakit komorbid atau penyakit penyerta hipertensi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jemaah Haji Jangan Remehkan Hal ini Jika Tidak Mau Terkena Serangan Jantung.

Selain info untuk jemaah calon haji, berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.