Kemenkominfo Lakukan Pembangunan Wilayah 3T dengan Bela Negara
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (tengah) memberikan arahan kepada peserta bela negara di Pusdikhub Kodiklat AD, Kota Cimahi/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Sumber daya manusia (SDM) disiapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk membangun teknologi informasi di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Pembangunan wilayah 3T itu akan dilaksanakan dengan menggelar bela negara bagi para pegawainya.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G. Plate, pegawai yang akan membangun wilayah 3T itu haruslah SDM andal. Dengan demikian, yang dibutuhkan bukan hanya orang yang paham teknologi, tetapi juga harus punya semangat patriotik.

"Untuk itu mereka dididik dan dilatih TNI AD, karena wilayah kerja Kominfo itu bersinggungan dengan wilayah 3T, itu termasuk operasi militer TNI," terang Johhny di Pusdikhub Kodiklat TNI AD, Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin 18 Juli.

Pembangunan Wilayah 3T dengan Bela Negara

Dikutip VOI dari Antara, kegiatan bela negara itu diikuti oleh 60 pegawai dari berbagai direktorat di Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti). Kegiatan bela negara yang diikuti oleh pegawai Bakti tersebut digelar mulai hari ini hingga 15 Agustus 2022.

Mereka akan mendapat pelatihan dari anggota TNI dari Pusat Pendidikan Perhubungan (Pusdikhub) TNI AD. Selama satu bulan, para peserta akan mendapatkan materi terkait wawasan kebangsaan, kepemimpinan, kerja sama, dan materi-materi outdoor seperti kerja sama hingga survival.

Johhny G. Plate menilai kondisi geografis di Indonesia, khususnya di wilayah 3T itu memiliki tantangan bagi pembangunan teknologi informasi. Maka SDM yang disiapkan untuk pembangunan tersebut, menurutnya harus kuat juga secara mental.

"Melihat tantangan geografi, topografi, keamanan, maka butuh SDM yang kuat dan daya tahan tubuh dan mental tinggi," kata dia.

Bela Negara oleh Kemenkominfo

Bela negara yang digelar oleh Kemenkominfo pada tahun 2022 ini merupakan yang keempat kalinya dilakukan, dan diikuti peserta paling banyak dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Tugas dari Bakti Kominfo bukan tugas yang ringan, memerlukan SDM yang kokoh, kuat, dan cerdas," kata dia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kemenkominfo Siapkan SDM untuk Bangun Wilayah 3T dengan Bela Negara.

Selain pembangunan wilayah 3T, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.