Akses Twitter Wadas Melawan Diputus, Kemenkominfo Mengaku Tak Terlibat
Ilustrasi Twitter (Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan pemerintah tidak terlibat dalam pemutusan akses akun twitter @Wadas_Melawan yang diketahui ditangguhkan sejak Rabu, 16 Februari.

Jubir Kemenkominfo, Dedy Permadi, mengatakan bahwa pihaknyalah yang justru tetap berkomitmen untuk bisa melindungi hak warga negara mengikuti regulasi yang berlaku.

"Dalam isu Wadas, kami tegaskan bahwa Kementerian Kominfo tidak melakukan pemutusan akses terhadap akun Twitter @Wadas_Melawan. Kementerian Kominfo tetap berkomitmen untuk terus menjunjung tinggi perlindungan hak warga negara sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," terang Dedy dalam pesan singkatnya, dikutip VOI dari Antara, Kamis, 17 Februari.

Akses Twitter Wadas Melawan Putus, Apa Pemicunya?

Dedy menjelaskan, akun dam konten di media sosial bisa ditangguhkan atau diputus aksesnya oleh penyedia layanan media sosial karena beberapa alasan.

Pemerintah juga bisa meminta penyedia layanan media sosial menghapus akun atau konten, tetapi ada penyebab lain yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi.

Alasan itu di antaranya adanya pelaporan oleh pengguna media sosial lain atau ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna pada kebijakan pengelola platform.

Pembersihan ruang digital yang dilakukan Kementerian Kominfo berdasarkan para peraturan perundangan-undangan dan juga laporan dari masyarakat atau lembaga pemerintahan terkait.

Beberapa konten yang diputus aksesnya di antaranya konten misinformasi, konten pornografi, maupun konten yang mengandung unsur SARA yang bermuatan negatif.

Kemenkominfo Tak Lakukan Pemutusan Akses

Sementara, untuk kasus perkembangan isu di Desa Wadas, Kemenkominfo memastikan tidak melakukan pemutusan terhadap konten maupun akses untuk akun twitter @Wadas_Melawan.

Sebelumnya, akun @Wadas_Melawan di Twitter pada Rabu, 16 Februari terpantau sempat ditangguhkan. Namun nampaknya saat ini akun itu sudah bisa kembali diakses dengan unggahan terakhir membahas kedatangan KH Ahmad Said Asrori selaku perwakilan dari PBNU.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jangan Salah Sangka, Kominfo Tegaskan Tak Terlibat dalam Pemutusan Akses Twitter Wadas Melawan.