Salat Iduladha di Papua Akan Mendapat Pengamanan dari Polda Papua
Foto via Antara

Bagikan:

ACEH - Iduladha sudah di depan mata. Polda Papua siap mengamankan pelaksanaan salat Iduladha yang akan dilaksanakan pada Minggu 10 Juli.

Menurut Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, seluruh anggota Polri di wilayah tersebut telah disiagakan untuk melakukan pengamanan pelaksanaan salat Iduladha.

Pengamanan Salat Iduladha di Papua

Kapolda mengatakan, tiga perempat kekuatan di setiap polres di Provinsi Papua disiagakan agar pelaksanaan salat Idulladha di wilayah tersebut berlangsung dengan aman.

"Untuk umat Islam diharapkan tidak eforia dan tetap menjaga toleransi antarumat beragama," terang Mathius usai memimpin serah terima jabatan Wakapolda Papua, dua pejabat utama, dan 11 kapolres, di Jayapura, Jumat 8 Juli, dikutip VOI dari Antara.

Dia mengatakan, toleransi antarumat beragama di Papua tinggi sehingga diharapkan dapat terus terjaga.

"Masyarakat juga diharapkan tidak mudah terpancing isu yang sengaja dilontarkan pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Irjen Fakhiri.

Persoalan DOB di Tanah Papua

Dia juga menegaskan, saat ini situasi kamtibmas di Papua relatif kondusif dan diharapkan dapat terus terjaga.

Ketika ditanya terkait masalah yang masih mengganjal dalam pembentukan daerah otonomi baru (DOB), yakni masyarakat Timika yang menginginkan ibu kota Papua Tengah di daerahnya, dan penolakan Kabupaten Pegunungan Bintang bergabung dengan Provinsi Papua Pegunungan Tengah, Kapolda Papua menyatakan akan melakukan pertemuan dengan kedua pejabat.

"Saya akan segera ke Timika untuk melakukan pembicaraan dengan Bupati Mimika dan juga nantinya dengan Bupati Pegunungan Bintang," kata Kapolda Papua itu pula.

Artikel ini telah tayang dengan judul Polda Papua Sudah Siap Amankan Salat Iduladha Minggu 10 Juli.

Selain salat Iduladha, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.