Presiden Jokowi Ingatkan Polri Soal Keadilan dan Kemanfaatan Hukum bagi Rakyat
Presiden Jokowi/Foto: Setkab

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh personel Polri untuk menegakkan hukum sesuai aturan. Dia ingatkan, rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan rakyat.

"Saya perlu mengingatkan rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh rakyat, harus dirasakan oleh masyarakat," terang Jokowi ketika menjadi Inspektur Upacara HUT ke-76 Bhayangkara di Semarang, Jawa Tengah pada Selasa, 5 Juli, dikutip VOI.

Pesan Presiden Jokowi kepada Polri Terkait Pelaksanaan Tugas

Dia juga mengatakan, seluruh personel Korps Bhayangkara harus mengedepankan upaya pencegahan dibanding penindakan. Dengan demikian, lanjut Presiden Jokowi, tercipta keamanan di lingkungan masyarakat.

"Lakukan berbagai tindakan pemolisian dengan humanis namun tegas ketika diperlukan," ungkapnya.

"Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir," tambah Jokowi.

Presiden Jokowi juga meminta anggota Polri selalu mengikuti prosedur dalam saat menjalankan. Anggota Polri diharuskan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

"Harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia," kata Jokowi.

Sinergitas Polri dengan Lembaga Negara Lain

Pesan ini disampaikan sebab tak dipungkiri tugas Polri akan semakin berat. Karena itu, Koprs Bhayangkara diminta untuk terus bersinergi dengan semua pihak untuk menuntaskan semua permasalahan.

"Bersinergi dengan TNI, kementerian, dan lembaga-lembaga dalam menjalankan tugasnya," kata Jokowi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jokowi Ingatkan Polri Soal Rasa Keadilan Harus Dirasakan Seluruh Masyarakat.

Selain pesan Presiden Jokowi kepala Polri, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.