Menlu Inggris Akan Kunjungi Negara-Negara Asia Tenggara untuk Bahas Bebeberapa Hal
Menlu RI, Retno Marsudi (kanan) bertemu dengan Menlu Inggris, Liz Truss, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York (ANTARA/HO-KBRI London/am)

Bagikan:

ACEH - Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris, Liz Truss, diagendakan terbang ke Indonesia, Malaysia, dan Thailand dalam kunjungan selama seminggu ke Asia Tenggara. Ini dilakukan demi memperdalam hubungan ekonomi dan keamanan antara Inggris dengan kawasan tersebut.

Kunjungan yang dimulai pada Minggu itu menunjukkan soal semakin pentingnya hubungan ekonomi dan diplomatik seiring upaya Inggris dalam rangka memperkuat hubungan dengan negara-negara dan kawasan di luar Eropa setelah Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa (Brexit).

"Saya ingin memosisikan Inggris di mana pertumbuhan masa depan berada dan untuk memikirkan siapa mitra utama kami pada tahun 2050 dan seterusnya," terang Truss dalam sebuah pernyataan yang dirilis kantornya sebagaimana dilansir Antara, Minggu, 7 November.

"Asia Tenggara akan menjadi mesin ekonomi global dan saya ingin Inggris menjadi bagian dari itu, meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan kami mencerminkan semakin pentingnya kawasan ini," ujarnya.

Isu yang Akan Dibahas oleh Menlu Inggris

Menurut Kementerian Luar Negeri Inggris, Truss akan berusaha membangun hubungan yang lebih erat dengan kawasan yang dimaksud di bidang investasi infrastruktur.

Truss akan bertemu dengan pemimpin dan menlu di Malaysia dan Thailand untuk melakukan pembahasan terkait kerja sama pertahanan dan perdagangan, investasi digital dan teknologi, serta kolaborasi keamanan yang lebih dalam.

Ia juga akan mengadakan pembicaraan tentang isu-isu kebijakan luar negeri seperti Myanmar dan Afghanistan dengan mitranya dari Indonesia, dan mencari hubungan yang lebih erat dalam kontraterorisme dan keamanan siber.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menlu Inggris akan Kunjungi Indonesia dalam ‘Tour’ Asia Tenggara.

Selain Menlu Inggris, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!