Batas Aman Konsumsi Keju, Remaja dan Lansia Berbeda
Keju (Foto: Pixabay)

Bagikan:

ACEH - Keju merupakan salah satu makanan yang dinilai baik untuk kesehatan Meski demikian, Anda perlu tahu batas aman konsumsi keju agar makanan gurih itu tidak menjadi bumerang untuk kesehatan tubuh. Menurut ahli gizi, Angel Jovi, seseorang disarankan mengonsumsi keju sebanyak 40 gram dalam sehari.

"Berdasarkan penelitian, konsumsi 40 gram keju per hari menurunkan risiko terserang penyakit jantung," kata Angel dikutip VOI dari Antara.

Batas Aman Konsumsi Keju Demi Kesehatan

Di dalam keju terkandung kalsium, vitamin, serta zinc yang bermanfaat untuk tubuh. Namun, Angel mengingatkan bahwa sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Oleh sebab itu, seseorang harus mengonsumsi makanan sesuai batasan yang dianjurkan.

Jika seseorang berlebihan dalam mengonsumsi keju, kandungan sodium yang ada di dalam makanan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Keju bisa dikonsumsi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia. Meski demikian, dia mengingatkan bahwa lansia sebaiknya mengurangi konsumsi keju karena metabolisme lansia sudah melambat, terlebih lagi jika orang tersebut memiliki penyakit penyerta.

Batas Konsumsi Keju bagi Lansia

Batasan konsumsi keju bagi lansia sedikit berbeda karena anak-anak dan remaja sedang berada di masa pertumbuhan yang butuh sokongan gizi optimal. Sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter agar asupannya sesuai kondisi kesehatan.

"Kalau lansia harus dicek dulu apakah ada penyakit penyerta, bila iya takaran keju bisa di 20-40 gram maksimal," dia menyarankan.

Keju juga baik dikonsumsi oleh perempuan hamil, namun ia menyarankan untuk berkonsultasi dulu kepada dokter karena ada sebagian orang yang punya alergi saat mengandung akibat perubahan hormon.

"Jika tidak ada kondisi tertentu keju direkomendasikan karena ibu hamil butuh asupan kalsium tambahan untuk mendukung kesehatan."

PT. Mulia Boga Raya Tbk, produsen keju olahan meluncurkan Prochiz Cheddar Royale, pembaruan dari Prochiz Cheddar dengan formulasi dan tampilan kemasan baru.

Produk ini diklaim memberikan rasa lebih gurih, lezat dan milky karena mengandung lebih banyak susu dari Selandia Baru, juga diperkaya vitamin A, D, E serta kalsium.

Artikel ini telah tayang dengan judul Berapa Banyak Jumlah Keju yang Aman untuk Dimakan Setiap Hari?

Selain batas aman konsumsi keju, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.