Volodymir Zelensky Sebut Hampir 300 Tentara Rusia Tewas Setiap Hari
Presiden Putin diapit Menteri Pertahanan Sergei Shoigu (kiri) dan Kepala Staf Umum Militer Rusia Jenderal Valery Gerasimov. (Wikimedia Commons/Presidential Press and Information Office)

Bagikan:

ACEH - Dalam tiga hari terakhir dua jenderal dan satu kolonel senior Rusia tewas. Selain itu, Presiden Ukaina, Volodymyr Zelensky, menyebut jumlah tentara Rusia yang tewas mencapai 31.000 orang.

Klaim tersebut disampaikan oleh Presiden Zelenskyy pada Selasa lalu. Menurutnya, jumlah tentara Rusia yang tewas tersebut dihitung sejak Rusia melancarkan invasi pada Februari 2022.

Hampir 300 Tentara Rusia Tewas Setiap Hari

"Rusia telah membayar untuk perang yang tidak masuk akal ini melawan Ukraina dengan hampir 300 nyawa tentara mereka setiap hari," terang Zelensky dalam pidato hariannya di media sosial, dikutip VOI dari The National News, 8 Juni.

"Harinya akan tiba bagi Rusia ketika jumlah kerugian akan melampaui batas yang diizinkan bahkan untuk Rusia," jelasnya.

Presiden Zelensky melanjutkan, situasi di wilayah Donbas timur belum mengalami perubahan signifikan dalam 24 jam sebelumnya. Itu ketika pasukan Ukraina berusaha mempertahankan kota Severodonetsk dan Lysychansk.

Sementara, Rusia kehilangan kolonelnya yang ke-50 dalam perang yang terjadi di Ukraina. Dia adalah Letnan Kolonel Vladimir Nigmatulin, komandan pasukan artileri sekaligus ayah dari tiga anak dari Yekaterinburg, seperti dilansir The Sun.

Kematian Kolonel Rusia

Nigmatullin (46) tewas pada 31 Mei 2022, tetapi kehilangannya dari pasukan Rusia baru diungkapkan kemarin. Kematian Nigmatullin dikonfirmasi oleh pihak keluarga, tetapi keadaan pasti terkait penyebab dia meninggal belum terungkap.

Rusia kehilangan satu kolonel hampir setiap dua hari dalam konflik di Ukraina. Sementara, Rusia telah mengklasifikasikan kematian militer sebagai rahasia negara, bahkan di masa damai.

Pada Senin, Letnan Jenderal Roman Berdnikov disebutkan turut tewas dalam penyerang di Donbas yang menewakan Mayor Jenderal Roman Kutuzov sehari sebulmnya. Total, Vladimir Putin kini sudah kehilangan 12 orang jenderal selama perang, dilansir Daily Mail.

Rusia belum memperbarui jumlah kematian resminya di Ukraina sejak 25 Maret, ketika dikatakan 1.351 tentara Rusia telah tewas sejak dimulainya invasi pada 24 Februari lalu.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dua Jenderal dan Satu Kolonel Tewas dalam Tiga Hari, Presiden Zelensky Sebut Jumlah Tentara Rusia yang Gugur Tembus 31.000 Personel.

Selain jumlah tentara Rusia yang tewas, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.