Rekomendasi Tanaman Hias untuk Ruangan Tertutup biar Meja Kerjamu Terasa Lebih Nyaman
Zamioculcas zamiifolia (Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Tanaman dapat menjadikan ruangan terasa lebih tenang dan nyaman. Sejumlah tanaman bahkan mampu membersihkan udara dan meningkatkan mood saat bekerja. Bagi pekerja kantoran, tanaman hias untuk ruangan tertutup direkomendasikan agar tidak mudah stres.

Untuk di dalam ruangan, Anda bisa menghias ruangan dengan tanaman yang tidak butuh banyak cahaya. Cara mengurusnya pun tidak ribet. Berikut adalah beberapa tanaman yang jadi rekomendasi.

Beberapa Jenis Tanaman Hias untuk Ruangan Tertutup

1.    Sirih gading atau devil’s ivy

Nama latin dari sirih gading adalah Epipremnum aureum. Tanaman hias ini termasuk dalam kategori pohon anggur.

Warna daunnya hijau dengan aksen putih tulang yang tak beraturan. Salah satu keindahan adalah bentuk daun yang menyerupai hati dalam berbagai ukuran.

Anda yang tak hobi berkebun tak perlu khawatir. Tanaman hias ini mudah beradaptasi dan tak harus kena cahaya matahari. Di tempat gelap dan lembap pun tanaman hias ini bisa tumbuh subur jika dirawat atau disiram tiga hari sekali.

Agar tampak cantik, Anda dapat menambah tiang kecil agar merambat melingkar dan vertikal.

2.    Aglaonema

Tumbuhan aglaonema tentu tak asing bagi Anda. Berdasarkan asal kata, aglaonema dari bahasa Yunani, aglaos yang berarti ‘cerah’ dan nama artinya ‘benang’ atau ‘filamen’. Aglonema populer di Cina sebagai perlambang umur panjang.

Warna daunnya tidak hanya hijau, ada juga berwarna kombinasi hijau dengan merah dan perak. Mana warna daun aglaonema yang paling Anda sukai?

3.    Bonsai beringin

Bonsai beringin atau ficus benjamina kerap jadi tanaman peneduh dan konservasi air. Dari keluarga ficus ada berbagai jenis bentuk tanaman. Bonsai beringin untuk hias meja kerja, tentu ukurannya bisa disesuaikan dengan besaran ruangan.

Beringin merupakan tanaman liar yang tumbuh di hutan tropis di kawasan India, Asia Tenggara, dan Australia Utara.

4.    Zamioculcas zamiifolia

Namanya cukup sulit untuk diucapkan, tetapi tanaman ini memiliki ketahanan yang tinggi. Tak perlu sering disiram karena batang dan akarnya menyimpan air. Zamicioculcas zamiifolia juga bisa bertahan hidup dalam ruangan gelap berbulan-bulan.

Dilansir Gardenista, Rabu, 16 Juni, para peneliti dalam sebuah studi di NASA menemukan bahwa tanaman ini secara khusus mahir menghilangkan sejumlah besar racun dari udara seperti xilena, toluena, dan benzene.

5.    Bromeliad

Tanaman ini punya daun yang runcing dengan bunga warna-warni. Ini tentu bisa membuat suasana ruang kerja Anda berbeda. Tentunya meja tidak terlihat ‘kering’ ketika terduduk tanaman hidup di sana.

Bromeliad mungkin membutuhkan masa berbunga yang lama. Masa ini membutuhkan perawatan lebih tetapi tumbuhan hias ini tak perlu setiap hari disiram atau di pupuk. Sesekali berikan semprotan vitamin untuk mendorong masa berbunga.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Rekomendasi 10 Tanaman Indoor untuk Hias Meja Kerja. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!