Berita Aceh Terkini: Cegah Wabah PMK, Hewan Ternak Dilarang Masuk dan Keluar Aceh Barat
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Penyakit mulut dan kuku (PMK) merebak di Aceh. Terkait hal tersebut, tim gabungan untuk sementara melarang serta menolak ternak dari luar daerah masuk ke Kabupaten Aceh Barat agar wabah PMK tidak masuk ke wilayah tersebut. Tim gabungan terdiri atas petugas kesehatan hewan, TNI, dan Polri.

“Larangan ternak dari luar daerah masuk ke Aceh Barat untuk sementara ini untuk mencegah terjadinya wabah penyakit kuku dan mulut bagi ternak di dalam daerah,” terang Kabag Operasional Polres Aceh Barat, Kompol Iswar, Senin, 16 Mei, seperti dikutip VOI.

Cegah Wabah PMK, Ternak dari Luar Tak Boleh Masuk Aceh Barat

Iswar menjelaskkan bahwa larangan tersebut diberlakukan supaya hewan ternak di daerah tersebut tidak terjangkit wabah PMK. Saat ternak yang diangkut ke Aceh Barat punya surat resmi, tetapi ternak dari luar kabupaten tersebut tetap ditolak masuk ke Aceh Barat untuk sementara waktu.

Selain itu, lanjut Iswar, sesuai petunjuk yang ada, ternak yang berasal dari Aceh Barat tidak diperbolehkan keluar dari daerah tersebut untuk sementara waktu. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Danil Adrial, meminta masyarakat agar menghentikan pasokan ternak sapi dan kerbau dari luar daerah, sebagai upaya untuk mencegah terjangkitnya wabah PMK yang saat ini sudah ditemukan di sejumlah daerah di Aceh.

Pemeriksaan Hewan Ternak di Perbatasan

Guna mengantisipasi terjangkitnya wabah PMK di Aceh Barat, kata dia, pihaknya bersama kepolisian melakukan penyekatan di pintu masuk perbatasan kabupaten, untuk melakukan pemeriksaan hewan ternak yang akan masuk dan keluar daerah.

Meski belum menemukan adanya kasus penularan PMK di Kabupaten Aceh Barat, pihaknya menegaskan kabupaten tersebut saat ini sudah masuk dalam daerah terancam.

“Sampai hari ini belum ada kasus wabah, hal ini perlu kita antisipasi segera dengan penyekatan ternak yang akan masuk ke Aceh Barat,” tuturnya dikutip Antara.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cegah PMK, Tim Gabungan Tolak Ternak Luar Daerah Masuk Aceh Barat.

Selain wabah PMK, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.

Terkait