Berita Aceh Terkini: Rencana Pemekaran Aceh Barat Ditolak Bupati
Bupati Aceh Barat H Ramli MS/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS, menolak rencana pemekaran Aceh Barat yang menargetkan Meulaboh, ibu kota kabupaten Aceh Barat. Meulaboh direncakan dimekarkan menjadi calon daerah otonomi baru (CDOB).

“Menurut saya, rencana pemekaran ini belum layak. Selain belum ada kestabilan ekonomi di daerah, pemekaran hanya akan membebani keuangan negara,” terang Ramli MS, Selasa, 5 April, dikutip VOI dari Antara.

Pemekaran Aceh Barat Bentuk Kekecewaan Politik

Dia menilai, rencana pemekaran Aceh Barat menjadi CDOB Kota Meulaboh merupakan implementasi kekecewaan para pemimpin yang kalah dalam pemilihan umum dan dari segi politik. 

“Pemekaran itu implementasi dari kekecewaan banyak pemimpin, mungkin tidak terpilih naik dewan (legislatif), naik bupati (eksekutif), kemudian mengajak membelah daerah,” terang Ramli.

Ramli menjelaskan, dengan tingginya nilai utang negara saat ini, yaitu di angka Rp7.000 triliun, tidak mungkin pemerintah pusat mendukung lahirnya calon daerah otonomi baru. Belum lagi membayar ASN di daerah baru dan mendirikan bangunan di daerah pemekaran.

Dia mengusulkan agar dana puluhan miliar rupiah yang akan digunakan untuk membangun daerah baru, sebaiknya digunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di antaranya seperti membangun kebun rakyat, membangun irigasi, serta membangun ekonomi masyarakat yang lebih kuat.

“Keadaan negara saat ini sedang terjepit, jangan kita tambah beban baru,” katanya pula.

Namun, apabila pemerintah mampu membiayai daerah baru dengan keuangan negara, menurut Ramli MS hal tersebut sah-sah saja.

Pemekeran Daerah dan Perekonomian

Akan tetapi, jika kemudian negara tidak mampu membiayai daerah otonomi baru, ia berharap usulan daerah baru seperti CDOB Kota Meulaboh, yang direncanakan akan dimekarkan itu, tidak perlu dilakukan.

Ramli MS mengatakan, yang dibutuhkan saat ini oleh masyarakat adalah peningkatan ekonomi demi kesejahteraan seluruh masyarakat di Aceh Barat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bupati Aceh Barat Tolak Wacana Pemekaran Kota Meulaboh.

Selain pemekaran Aceh Barat, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.