Awal Ramadan, Ma'ruf Amin: Diharapkan Tahun Ini Masih Sama Antara Muhammadiyah dan Pemerintah
Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Jakarta (Foto Via ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan harapannya terkait penetapan awal Ramadan 1443 Hijriah antara Muhammadiyah dan pemerintah. 

"Diharapkan tahun ini masih sama antara Muhammadiyah dan pemerintah," ungkap Ma'ruf Amin di Jakarta, Selasa, 29 Maret, dikutip VOI dari Antara.

Penetapan Awal Ramadan Pemerintah dan Muhammadiyah

Dia menjelaskan, terkait penetapan awal Ramadan, ada kesepakatan sistem atau cara penetapan melalui sidang Isbat di Kementerian Agama, kecuali Muhamamdiyah. Jika seandainya ada perbedaan penetapan Ramadan, sudah ada pemahaman bersama untuk saling bertoleransi.

"Artinya ada toleransi ya. Misalnya, Muhammadiyah ada pendekatan ada namanya wujudul hilal, asal ada hilal. Kalau pemerintah itu ada imkanur rukyah, kemungkinan rukyah, minimal dua derajat," terang Wakil Presiden.

Awal Ramadan Kemungkinan Sama

Meskipun demikian, dia cukup yakin, kemungkinan penetapan awal Ramadan antara pemerintah dengan Muhammadiyah akan sama tahun ini.

"Kalau melihat tahun ini kemungkinan lebih dari dua derajat, kemungkinannya akan sama. Mudah-mudahan sama," harap Wapres.