Dua Orang Jadi Tersangka Kebakaran Sumur Minyak di Aceh Timur
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu penyidik Satreskrim Polres Aceh Timur, menetapkan dua tersangka dalam insiden kebakaran sumur minyak yang terdapat di Desa Mata Ie, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Menurut Kasat Reskrim, AKP Miftahuda Dizha Fezuono, penetapan kedua tersangka dilakukan usai penyelidikan dan gelar perkara.

"Sampai saat ini, dua orang kami tetapkan sebagai tersangka. Keduanya warga Kecamatan Ranto Peureulak. Sedangkan seorang lagi masih dalam proses penyelidikan,” terang Miftahuda, Kamis, 24 Maret, dikutip VOI dari Antara.

Tersangka Kebakaran Sumur Minyak di Aceh Timur

Miftahuda menjelaskan, tersangka berinisial MS (51), pemilik lahan di sumur minyak. Satu lagi tersangka berinisial ML (32), pemodal pengeboran minyak.

“Penyidik Satreskrim Polres Aceh Timur sudah memeriksa sedikitnya delapan saksi terkait terbakarnya sumur minyak yang merenggut tiga nyawa,” jelas Miftahuda.

Penyidik juga menyita beberapa barang bukti, seperti satu set alat pengeboran dan minyak mentah yang bercampur air dan lumpur hasil hasil pengeboran di sumur tersebut. Kedua tersangka dipersangkakan melanggar Pasal 40 UU RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja atas perubahan Pasal 52 Subs Pasal 53 UU RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi.

"Ancaman hukuman enam tahun penjara atau denda Rp60 miliar. Penyidik terus melakukan pengembangan perkara guna mengungkap pelaku lainnya," kata AKP Miftahuda Dizha Fezuono.

Insiden Sumur Minyak Menewaskan Tiga Pekerja

Sebelumnya, sumur minyak yang dikelola masyarakat secara tradisional di Desa Mata Ie, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, meledak dan terbakar pada Jumat 11 Maret 2022.

Kejadian tersebut menyebabkan tiga pekerja penyulingan minyak meninggal dunia. Seorang pekerja meninggal dunia saat dalam perjalanan ke Banda Aceh. Sedangkan dua lainnya meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit di Banda Aceh.

Artikel ini telah tayang dengan judul Polisi Tetapkan 2 Tersangka Terbakarnya Sumur Minyak yang Tewaskan 3 Orang di Aceh Timur.

Selain kebakaran sumur minyak, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.