Berita Aceh Terkini: Sumur Minyak Tradisional Meledak dan Terbakar di Aceh Timur
Pekerja menata drum berisi minyak hasil pengeboran di Desa Mata Ie, Kecamatan Ranto Peureulak (ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Sumur minyak tradisional di Aceh Timur meledak. Terkait hal tersebut, Polda Aceh mengerahkan tim teknisi kimia, biologi, dan radioaktif dari Gegana Satuan Brimob ke lokasi sumur yang ada di Desa Mata Ie, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Aceh.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, menjelaskan bahwa tim tersebut diturunkan untuk melakukan pengambilan sampel air, minyak, dan gas dari di sumur minyak yang meledak dan terbakar.

"Pengambilan sampel untuk mengecek apakah adanya pencemaran lingkungan akibat imbas dari kebakaran sumur minyak tradisional tersebut atau tidak. Setelah sampel diambil, maka akan dilakukan uji dan nantinya hasilnya akan keluar beberapa hari ke depan," terang Sandy di Aceh Timur, Senin, 14 Maret, dikutip VOI dari Antara.

Pemeriksaan Terkait Meledaknya Sumur Minyak Tradisional

Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Aceh Timur melakukan pemeriksaan serta meminta keterangan terhadap tiga aparatur desa terkait sumur minyak yang meledak dan terbakar itu.

"Ketiga orang yang diperiksa yakni kepala desa, kepala dusun, dan seorang warga. Penyidik juga sudah memanggil pemilik lahan untuk dimintai keterangan," terang Kepala Satreskrim Polres Aceh Timur, AKP Miftahuda Dizha Fezuono.

Miftahuda menjelaskan, pada Senin lali tim Satreskrim Polres Aceh Timur ada di lokasi untuk menyelidiki serta melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). 

"Hasil penyelidikan sementara, pengeboran minyak di tempat itu dilakukan secara ilegal. Pengeboran juga tidak mengacu kaidah standar pengeboran migas," kata Miftahuda.

Sebelumnya, sumur minyak yang dikelola secara tradisional di Desa Mata Ie, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, meledak dan terbakar Jumat, 11 Maret sekitar pukul 23.30 WIB. Akibatnya, seorang pekerja meninggal dunia dan dua lainnya mengalami luka kritis.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sumur Minyak Tradisional di Aceh Timur Meledak, Polisi Kerahkan Tim Teknis Ambil Sampel, Periksa Kepala Desa dan Warga.

Selain sumur minyak tradisional, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.