Vladimir Putin Berencana Menghadiri KTT G20 di Bali
Presiden Jokowi saat hadiri sesi penutupan KTT G20 di Roma (Foto: BPMI Setpres/Laily RE)

Bagikan:

ACEH - Rusia mengisyaratkan rencana Presiden Rusia, Vladimir Putin, menghadiri KTT G20 di Bali pada bulan Oktober 2022.

Dikutip VOI dari Brisbane Time yang mengutip Reuters, Rabu 23 Maret, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, mengatakan dalam konferensi persnya, Putin memiliki rencana untuk menghadiri konferensi para pemimpin negara yang digelar di Bali itu.

Sejumlah Negara Minta Rusia Tidak Menghadiri KTT G20 di Bali

Namun, terang Vorobieva, memasukkan isu-isu politik yang sensitif ke dalam KTT G20 akan menjadi sesuatu yang kontraproduktif. Vorobieva memang perlu membuat batasan seperti itu mengingat perang yang dilakukan oleh negaranya dengan Ukraina belum berakhir. 

Vorobieva juga mengatakan bahwa sudah banyak negara yang meminta agar Rusia tidak menghadiri acara tersebut. Keinginan itu datang dari negara Barat.

“Rusia telah diundang,” katanya.

“Kami sangat mengapresiasi posisi pemerintah Indonesia yang telah mengadopsi kepresidenan G20 untuk tahun ini,” lanjutnya.

KTT G20 di Bali Membicarakan Perekonomian

“Tentu G20 bukan forum untuk membahas atau menyelesaikan krisis semacam ini. Sebenarnya, ini adalah forum untuk memperbaiki situasi ekonomi dan memecahkan masalah ekonomi.”

Brisbane Time mengutip Reuters menyebut, kehadiran Rusia di KTT G20 yang dilaksanakan di Indonesia berpotensi memicu boikot oleh negara lain.

Desakan untuk mengusir Rusia, dilaporkan muncul ketika seorang mantan pejabar kementerian luar negeri Indonesia mendesak Jakarta yang secara tradisional netral, untuk mengambil sikap lebih keras terhadap Putin setelah invasinya ke Ukraina.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kata Dubes Rusia, Vladimir Putin Mau Datang ke KTT G20 di Bali.

Selain KTT G20 di Bali, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.