Jokowi dan Rombongan Jajal Mobil Listrik yang Akan Digunakan dalam KTT G20
Presiden jajal mobil listrik yang akan dipakai pemimpin negara G20/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoba mobil listrik yang akan digunakan sebagai kendaraan resmi para pemimpin negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022. Jokowi menjajal mobil listrik bersama istrinya, Iriana, dalam kunjungan kerja di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu 8 Juni, sebagaimana dikutip VOI dari keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Jokowi Coba Mobil Listrik Sejak Keluar dari Tol Gringsing

Setelah mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Kota Semarang, Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Batang. Keluar dari gerbang Tol Gringsing, Batang, Presiden dan Ibu Negara berganti kendaraan dengan mobil bertenaga listrik kemudian meninjau proyek KCC Glass di KITB.

“Saya kira halus, enggak ada suaranya," terang Presiden.

Mobil listrik yang dicoba Presiden adalah Genesis dari perusahaan Hyundai. Selain Jokowi dan istrinya, beberapa sosok juga mencoba mobil listrik. Mereka adalah Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; dan Direktur Utama PT PP (Persero), Novel Arsyad. Ketiganya berada dalam satu mobil listrik

Di mobil listrik yang lain, tampak Menteri BUMN, Erick Thohir, duduk bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar. Adapun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menumpangi mobil listrik lainnya bersama sang istri.

Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Terkait mobil listrik yang direncanakan sebagai kendaraan resmi para pemimpin negara G20 di KTT G20, Presiden Jokowi pernah mengungkapkannya saat bertemu Ketua Majelis Nasional Republik Korea, Park Byeong Seug, di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Minggu, 20 Maret 2022 lalu.

"Minggu ini saya menghadiri peluncuran mobil listrik Hyundai IONIQ 5 menandai dimulainya produksi mobil listrik di Indonesia. Sementara mobil listrik Hyundai lainnya Genesis G80 akan menjadi mobil resmi KTT G20 sebagai showcase kerja sama RI-Korsel," jelas Presiden saat itu.

Untuk diketahui, mobil listrik tersebut dibekali baterai litium-ion berkapasitas 87,2 kWh dengan daya 272 kW atau setara 200 tk dan torsi 700 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda dengan sistem penggerak e-AWD.

Artikel ini telah tayang dengan judul Presiden Coba Mobil Listrik yang Akan Dipakai Pemimpin Negara G20.

Selain mobil listrik, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.