Tips Mempercepat Regenerasi Kulit Wajah secara Alami
Ilustrasi fakta dan cara mempercepat regenerasi kulit wajah secara alami (Pexels/Pavel Danilyuk)

Bagikan:

ACEH - Regenerasi kulit merupakan proses yang terjadi berkaitan dengan pembaruan sel. Regenerasi, khususnya pada kulit wajah, dikenali melalui wajah yang tampak segar dan bercahaya. Saat ada bekas jerawat pada wajah, lama-kelamaan hal tersebut akan memudar karena regenerasi sel. Namun, waktunya tidak menentu. Tahukah Anda cara mempercepat regenerasi kulit wajah, termasuk secara alami?

Dikutip VOI dari Healthine, regenerasi kulit merupakan penggantian seluruh jaringan rusak dengan jaringan baru. Proses ini meliputi penyembuhan lanjut dari jaringan, kecuali jaringan parut.

Cara meregenerasi kulit ada dua, yaitu restorasi dan alami. Restorasi terjadi melalui cara menyatukan, merekonstruksi, dan mengganti jaringan rusak. Menurut ahli kecantikan berlisensi, Laura Chacon-Garbato, regenerasi terjadi saat epidermis mengalami pembaruan. Dengan demikian, regenerasi kulit terjadi secara konstan dan alami.

Menurut studi yang dilakukan oleh Maranke I. Koster tahun 2010, pembaruan jaringan epidermis rata-rata terjasi selama 40--56 hari. Saat seseorang masih muda hingga dewasa, proses regenerasi bisa berjalan cepat sesuai perkiraan waktu rata-rata. Namun seiring bertambah usia, proses tersebut melambat. Chacon-Garbato mengatakan, orang berusia di atas 50 tahun prosesnya memakan waktu hingga 84 hari.

Berdasarkan rekomendasi ahli, cara mempercepat regenerasi kulit secara alami bisa dengan bebecaera berikut. Cara-cara berikut ini akan membantu pembaruan sel, menjaga kulit tetap elastis, dan tetap segar bercahaya.

Beberapa Cara Mempercepat Regenerasi Kulit Wajah

Mengubah gaya hidup

Gaya hidup punya pengaruh yang besar terhadap kesehatan, pun terhadap percepatan regenerasi kulit. Jennifer Hurtikant, kepala ilmu pengetahuan di Prime Matter Labs, menyarankan olahraga secara rutin, diet padat nutrisi, tetap terhidrasi, mengelola stres, dan melindungi kulit dari faktor lingkungan, seperti meminimalisir terpapar sinar UV, polusi, dan cuaca kering.

Hurtikant memisahkan antara penuaan intrinsik dan ekstrinsik. Penuaan intrinsik merupakan pengaruh dari dalam diri, seperti penuaan dan stres. Sementara, pengaruh ekstrinsik adalah faktor luar, seperti kebiasaan hidup dan kondisi tempat Anda tinggal.

Chacon-Garbato menambahkan, makanlah banyak protein dari kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, ikan, dan unggas. Protein dibutuhkan sel untuk mempertahankan dan meregenerasi kulit rusak atau mati. Ditambah lagi, makanlah makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti bluberi, stroberi, apel, jahe, dan kunyit.

Kenakan produk perawatan tinggi nutrisi

Bahan-bahan tertentu dalam produk perawatan kulit wajah membantu meningkatkan proses penggantian sel alami, menghidrasi, dan menyingkirkan tumpukan sel kulit mati. Bahan tersebut antara lain niacinamide, vitamin C, vitamin E, asam alfa-lipoat (ALA), dan asam hialuronat.

Bahan alami mempercepat regenerasi kulit wajah

Disamping bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit, Anda juga bisa memakai bahan alami lainnya. Seperti ekstrak pepaya, minyak jojoba, minyak kelapa, dan ekstrak jeruk. Bahan tersebut menurut studi tahun 2018 bisa membantu memperbaiki sel kulit, menyembuhkan luka, efek antioksidan, dan antipenuaan.

Lidah buaya, menurut studi tahun 2020, juga bisa melengkapi perawatan kulit wajah Anda. Sebab kandungan dalam gel tanaman ini menawarkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Itulah fakta tentang mempercepat regenerasi kulit dan cara alami untuk mendapatkan kulit segar bercahaya. Apakah Anda telah melakukan rekomendasi di atas sebagai kebiasaan sehari-hari?

 

Selain mempercepat regenerasi kulit wajah, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.