5 Bahan Alami Alternatif "Toner" untuk Wajah
Ilustrasi (Pexels)

Bagikan:

ACEH – Toner biasa digunakan sebagai pembersih tambahan dan berfungsi menyeimbangkan PH kulit wajah. Namun selain produk toner yang bisa dibeli di toko kosmetik. Anda juga bisa memakai toner berbahan alami. Nah, cobalah 5 bahan toner dari bahan alami ini yang sesuai jenis kulit wajah Anda. Yuk disimak!

Beberapa Bahan Alami Alternatif Toner Wajah

1. Air Mawar

Air mawar adalah bahan alami yang bisa dijadikan toner dengan berbentuk cairan harum dan dibuat dari destilasi uap kelopak mawar. Penggunaan air mawar sendiri sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan kulit eksim atau rosacea.

Ini karena air mawar memiliki sifat antiinflamasi dan antiradang yang menenangkan. Manfaat lainnya dapat membantu melembutkan kulit dan menjaga keseimbangan pH kulit. Kecantikan pun akan terjaga.

2. Cuka Apel

Salah satu cara membuat toner alami adalah berasal dari cuka apel. Cuka apel sendiri didapat dari hasil fermentasi buah apel yang menghasilkan asam organik dan bermanfaat bagi kulit. 

Dilansir Healthline, untuk banyak kegunaan cuka sari apel masih populer hingga saat ini. Termasuk perawatan kulit. Beberapa orang menggunakan cuka sari apel sebagai toner.

Toner dari cuka apel bersifat antibakteri dan antijamur yang sangat cocok sebagai toner khusus kulit berjerawat. Manfaat cuka apel untuk jerawat dikatakan berpotensi mencegah dan membunuh bakteri Propionibacterium acnes yang menjadi penyebab jerawat.

3. Air Lemon

Ternyata asam sitrat dalam lemon mencerahkan noda dan menyapu sel-sel kulit mati maupun komedo. Jika Anda memiliki kulit berminyak, jus lemon bisa berfungsi sebagai toner.

Dengan menggunakan lemon yang mengandung AHA dan vitamin C sebagai toner, ini bisa mempercepat regenerasi sel kulit dan mencerahkan kulit yang kusam.

4. Mentimun

Ternyata menggunakan toner mentimun dapat mencegah timbulnya jerawat. Bahkan penggunaan toner dari mentimun secara teratur bisa membantu mengendalikan minyak berlebih.

Diinformasikan dari Bebeautiful, penggunaan jus mentimun secara teratur membuat kulit Anda sehat dan bercahaya. Bahkan kandungan 96% air di dalam mentimun sangat cocok bagi pemilik kulit kering dan mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari

5. Teh Hijau

Teh hijau adalah bahan perawatan kulit yang menyegarkan dan dapat dijadikan sebagai toner. Penggunaan teh hijau sebagai toner bisa mengontrol produksi minyak, membersihkan pori-pori dan menenangkan jerawat. Teh hijau sendiri memiliki sifat antiinflamasi, antikarsinogenik dan antioksidan bermanfaat untuk berbagai macam masalah kulit.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Alternatif Pengganti Toner Wajah. Selain bahan alami alternatif toner wajah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!