7 Rekomendasi Tanaman untuk Terarium yang Cantik dan Unik
Ilustrasi tanaman untuk terrarium (Pexels/Cottonbro)

Bagikan:

ACEH - Terarium merupakan cara menanam tanaman hias di dalam wadah yang tembus pandang dan ditata menyerupai taman. Secara umum, wadah yang digunakan terbuat dari kaca yang sebagian tertutup untuk menjaga tingkat kelembapan. Namun, ada pula terarium yang tertutup sepenuhnya, tetapi untuk memungkinkan udara mengalir, maka dibiarkan terbuka. Lalu, tanaman untuk terarium apa?

Dikutip VOI dari The Spruce, terarium bisa menjadi trik untuk membatasi tanaman tumbuh dengan cepat. Terlebih lagi, terarium diletakkan di dalam ruangan sehingga tidak membutuhkan ukuran tanaman yang besar agar tak mengganggu estetika dekorasi interior. Berikut ini rekomendasi tanaman untuk terarium yang punya motif dan warna unik.

BACA JUGA:


Rekomendasi Tanaman untuk Terarium

1. Pakis Artileri

Tanaman ini punya nama ilmiah P. michophylla atau dikenal dengan pakis artileri. Pakis ini berdaun bundar kecil dengan batang yang tipis. Meski disebut pakis, tanaman ini bukan genus pakis. Hanya saja biji tanaman ini bisa terlepas secara eksplosif, unik bukan?

2. Pilea Cadierei

Pilea cadierei memiliki habitat asli di Vietnam. Tanaman ini punya motiv berwarna silver sehingga dikenal juga sebagai tanaman aluminium. Tumbuhan ini juga menyukai cahaya rendah dan suhu hangat sehingga pas dipakai untuk tanaman terarium. Tanaman ini masuk rekomendasi, tetapi memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga Anda perlu rutin memangkasnya.

3. Pothos

Dengan nama ilmiah Epipremnum aureum, pothos dianggap sebagai anggur emas. Karena berwarna kekuningan sehingga punya reputasi bagus untuk tanaman hias. Tanaman ini membutuhkan air sedikit saja. Artinya hindari overwatering supaya tak busuk akar. Ia juga menyukai cahaya tak langsung di dalam ruangan.

4. Peperomia

Peperomia watermelon salah satu varietas tanaman cantik nan mungil ini. Bahkan ada sekitar 1.000 kultivar peperomia. Peperomia, kadang menghasilkan bunga yang unik. Jika Anda beruntung setelah merawatnya secara tepat, tanaman akan berbunga warna pop yang bagus untuk terarium Anda.

5. Soleirolia soleirolii

Apabila sulit mengingat nama ilmiah Soleirolia soleirolii, Anda tentu lebih mudah mengenalnya dengan nama tanaman air mata malaikat. Daunnya kecil dan tumbuh cepat sekali. Apabila tidak rutin di pangkas, ia akan memenuhi wadah terarium Anda. Tempat yang tepat untuk meletakkan terarium berisi tanaman ini, tepat di jendela yang memperoleh paparan cahaya terang.

6. Ficus primula

Dikenal juga dengan ara merayap, Ficus primula berdaun kecil berbentuk hati. Tanaman ini merambat yang termasuk juga sebagai tumbuhan perennial. Rutinitas menyiram hanya dibutuhkan sesekali, saat tanahnya mengering. Sedangkan cahaya matahari, butuh sebagian hingga matahari penuh.

7. Puring

Anda tentu mengenalnya, sebab tanaman ini sangat familiar. Puring dengan nama ilmiah Codiaeum Variegatum memiliki motif daun yang unik, salah satunya kuning. Warna daunnya hijau mengkilap dan tebal.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bermotif Unik dan Mudah Dirawat, Ini Rekomendasi 7 Tanaman untuk Terrarium.

Selain rekomendasi tanaman untuk terarium, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.