Rekomendasi Tanaman Epifit yang Bisa Tumbuh di Pohon untuk Menambah Keasrian
Ilustrasi rekomendasi tanaman epifit (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Tanaman epifit merupakan tanaman yang menumpang pada tanaman lain, tetapi tidak mencuri unsur hara dari tanaman yang ditumpanginya itu secara langsung. Salah satu jenis tanaman epifit yang terkenal dan cantik adalah anggrek. Selain itu, ada beberapa jenis tanaman epifit yang bisa tumbuh di pohon sehingga pemandangan jadi lebih segar dan asri.

Jika Anda tertarik membuat kebun atau taman Anda menjadi lebih indah dengan tanaman epifit, berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda pilih. Bagi Anda yang punya hobi berkebun, tentu ini menjadi sesuatu yang menarik.

Rekomendasi Tanaman Epifit yang Bisa Tumbuh di Pohon

1. Pakis sarang burung

Pakis sarang burung (Asplenium nidus) merupakan tanaman yang bisa tumbuh di area cukup terang. Namun, tanaman ini tak bisa terpapar cahaya terik matahari secara langsung. Jenis tanaman abadi ini, berasal dari beberapa kawasan, seperti Hawaii, Australia, Afrika Timur, dan Asia Tenggara.

Ada banyak jenis pakis epifit, tetapi yang paling mencolok secara visual ialah pakis sarang burung. Mereka cenderung tumbuh pada batang dan cabang pohon dekat pangkal pohon. Pola pertumbuhannya merumbai sehingga disebut sebagai ‘sarang burung’.

2. Kaktus natal

Nama ilmiahnya Schlumbergera x buckleyi yang berasal dari Anerika selatan. Meskipun jenis kaktus, tetapi kaktus natal tak bisa langsung terpapar cahaya terik matahari. Tanaman ini tumbuh sebagai apifit dan berbunga ketika warna daunnya mulai memudar. Warna bunganya antara lain merah muda, ungu, dan putih.

3. Anggrek crispum

Anggrek varietas crispum atau dengan nama ilmiah Odontoglossum crispum dapat tumbuh di kawasan dengan iklim tropis dan subtropics. Bisa tumbuh di cahaya teduh, sehingga bisa menghias pohon Anda di bawah naungan daun-daunnya yang lebat. Namun, kekurangan dari anggrek crispum ialah tanaman yang membutuhkan banyak ruang. Tetapi tak rugi, karena biasanya bunga berwarna merah muda pucat atau putih dengan bintik-bintik cokelat dalam menghias halaman.

4. Bunga flamingo

Masuk dalam famili Anthurium sp., tanaman bunga flamingo berasal dari hutan hujan tropis di Amerika tengah dan selatan. Warna daunnya unik, hijau tua dan berlilin. Sedangkan bunganya berbentuk unik yang disebut spanthes. Dikutip VOI dari All About Gardening, tanaman bunga flamingo baiknya ditanam di tanah jika diletakkan di dalam ruangan.

5. Mistletoe

Berbeda dengan rekomendasi tanaman sebelumnya, tumbuhan mistletoe bersifat semi-parasit dari subfamili Viscaceae. Nama ilmiahnya Pharpdendron spp. yang berasal dari kawasan Asia, Amerika Utara, dan Eropa. Menariknya, tanaman benalu ini memiliki warna bunga yang mencolok.

Itulah rekomendasi lima tanaman yang bisa menghias pohon di sekitar rumah. Anda bisa memilihnya berdasarkan kemudahan perawatan atau keceriaan warna yang dapat membangun suasana rumah.